Categories

Gadget

Rumor Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Mulai Merebak, Ini Yang Terbaru!

Bambang Winarso - 5 November 2014

Tak ada yang meragukan kemampuan Samsung dalam merakit perangkat smartphone. Kepiawaian mereka dibuktikan dengan banyaknya varian perangkat yang sudah ditelurkan. Kabarnya, bahkan Samsung tengah mengerjakan proyek baru cikal bakal Samsung Galaxy S6 yang spesifikasinya sudah mulai beredar di sejumlah media.

9 bulan setelah debut perdana Samsung Galaxy S5, tanda-tanda perubahan tren dan minat konsumen mulai terlihat, dimana terjadi penurunan angka penjualan perangkat-perangkat Samsung di pasar smartphone. Hal itu disimpulkan dari performa finansial perusahaan yang bergerak negatif dalam laporan keuangan kuartal kedua tahun 2014.

Divisi IT and Mobile Samsung tercatat mengalami degradasi laba operasional sebesar 31 persen untuk penjualan tablet dan 12 persen untuk smartphone, dengan total penurunan laba berkisar 4,42 triliun Won.

Mengantisipasi hal yang lebih buruk terjadi, Samsung gencar dikabarkan sedang merancang pendekatan baru melalui codename Project Zero yang akan jadi acuan perusahaan untuk generasi terbaru penerus Galaxy S5 yang tak lain adalah Samsung Galaxy S6 ( atau mungkin saja membawa nama baru).

 

 

Info Menarik: MSI Umumkan GT80 Titan, Gaming Notebook ‘Raksasa’ Pertama Dengan Keyboard Mekanik

 

 

Pemilihan codename Project Zero menyiratkan keinginan perusahaan untuk membangun perangkat mulai dari nol dengan cara yang berbeda, mengadopsi tren baru dan menyusun kembali prioritas dalam pemilihan fitur dan teknologi perangkat.

Dikutip dari SamMobile via Ubergizmo, saat ini informasi yang beredar baru rancangan spesifikasi yang berupa opsi-opsi komponen yang dimungkinkan ada di Galaxy S6. Yang pertama adalah komponen layar, diperkirakan akan menggunakan Quad HD (2560 x 1440 piksel). Belum ada bocoran ukuran layar, tampaknya Samsung belum sampai ke tahap itu sementara ini.

Kemudian untuk resolusi kamera, Samsung juga masih mempertimbangkan salah satu dari dua pilihan, apakah 16MP atau 20MP. Sensor yang digunakan kemungkinan besar mengadopsi komponen Galaxy Note 4 yakni sensor IMX240. Sayangnya kamera depan mungkin hanya 5MP, rumor lain adalah tiga pilihan memori mulai 32GB, 64GB dan 128GB.

Performa pastinya jadi pertanyaan paling besar yang ada di benak Anda. Untuk urusan yang satu ini Samsung tampaknya akan menjatuhkan pilihan ke komponen prosesor 64-bit Exynos 7420 yang memiliki kombinasi empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A57.

 

 

Info Menarik: Cara Mengganti Tema di Perangkat Android

 

 

 

Teknologi LTE juga jadi fokus Samsung di varian ini, kemungkinan besar mereka akan mengadopsi komponen Exynos Modem 333 yang nantinya menjadi pengganti modem Intel.

Seperti di varian sebelumnya, di varian ini pun Samsung sepertinya masih tetap menawarkan perangkat dalama dua konfigurasi. Konfigurasi pertama sudah kita bahas di atas, konfigurasi kedua Samsung kemungkinan akan menawarkan prosesor Snapdragon 810 yang juga mengusung arsitektur 64-bit. Ukuran RAM diperkirakan masih di besaran 3GB, walaupun masih sangat terbuka kemungkinan penggunan RAM yang lebih besar.

Setelah panjang lebar bicara rumor spesifikasi Samsung Galaxy S6, sepertinya kita masih punya satu pertanyaan tersisa. Apa hal baru yang akan ditawarkan oleh  Samsung selain soal peningkatan performa dan perubahan komponen, yang sekiranya fundamental dan memenuhi syarat "pendekatan baru" sebagaimana konsep Project Zero?

Apakah mungkin material baru, teknologi baru yang tidak dimiliki oleh smartphone lain atau bagaimana jika harga baru yang lebih terjangkau?

Pertanyaan-pertanyaan ini sepertinya harus menunggu waktu lebih lama untuk bisa terungkap. Dan untuk memperoleh jawabannya kita masih harus menunggu, mungkin tahun depan kita sudah bisa dapatkan jawaban.

Gambar header ilustrasi Galaxy S5 Plus.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter