12 February 2014

by Bambang Winarso

Rumor Terbaru Samsung Galaxy S5, Jelang Gelaran Unpacked 5 Akhir Bulan Februari

Samsung kian dekat dengan gelaran Unpacked 5 yang telah dijadwalkan pada tanggal 24 Februari mendatang, bersamaan dengan hari pertama gelaran MWC 2014 di Barcelona. Meski tak memberikan kepastian, banyak pihak percaya hari itu adalah hari kemunculan Samsung Galaxy S5. Jelang hari H, sejumlah rumor muncul memanaskan suasana.

Rumor pertama berasal dari sebuah situs asal Korea bernama Koreaherald yang menulis bahwa Samsung Galaxy S5 nantinya memiliki desain body tanpa bezel sehingga nyaris tanpa garis pembatas antara layar dan casing terutama pada sisi kanan dan kiri perangkat. Selain itu disebutkan pula adanya fitur pemindai sidik jari yang diposisikan pada sisi kanan dan kiri bagian bawah layar smartphone.

 

Info Menarik: [InfoDigi] Pengguna Instagram Indonesia: Suka #latepost dan Selfie

 

 

Rumor ini berbeda dengan sebelumnya yang menyebutkan Samsung Galaxy S5 akan memiliki fitur pemindai sidik jari yang terintegrasi di seluruh layar perangkat. Masih menurut sumber yang sama, kemampuan adopsi teknologi pemindai sidik jari yang dikembangkan oleh Samsung belum bisa diterapkan secara massal menjadi alasan mengapa Samsung menerapkan fitur pemindai sidik jari hanya di kiri dan kanan, bukannya di seluruh permukaan layar.

Kedua, Samsung Galaxy S5 juga disebut-sebut memiliki desain yang lebih tipis, hal ini merupakan imbas baik dari penggunaan panel sentuh berteknologi baru sehingga memungkinkan untuk ditanam di dalam tubuh perangkat. Teknologi ini pula yang menjadi kelebihan Samsung sehingga dapat menerapkan desain tanpa bezel, meskipun konsekusensi bagian ini menjadi rentan akan benturan.

 

Info Menarik: Jangan Hapus Flappy Bird dari iDevice Anda

 

Sisi desain dan fitur pemindai sidik jari barangkali masih sekedar rumor, semua masih harus dibuktikan di hari H peluncurannnya. Samsung sendiri sudah 'memanaskan mesin' dengan merilis sebuah gambar yang terdapat judul besar Unpacked 5 dilengkapi dengan 9 ikon menyerupai menu melalui akun Twitter mereka beberapa saat yang lalu.

Ke sembilan ikon terdiri dari Speed, Outdoor, Curiosity, Fun, Social, Style, Privacy, Fitness dan Life. Adanya ikon Fitness memunculkan ekspektasi adanya fitur pendukung kesehatan semacam fitness tracking yang belakangan kian mendapatkan porsi lebih di perangkat mobile baik smartphone maupun smartwatch.

Saga Samsung Galaxy S5 kian menarik untuk diikuti dan cukup mendebarkan, tapi sebelum tanggal 24 Februari kita hanya bisa menduga.

Sumber berita Phonearena, dan Engadget.