8 April 2013

by wiku

Rumor: WhatsApp Akan Dibeli Google

Google dikabarkan akan membeli layanan pesan populer WhatsApp. Menurut sumber yang mengatakan pada situs DigitalTrends, Google sedang dalam tahap negosiasi untuk mengakuisisi WhatsApp dengan harga satu miliar dollar AS.

Dikabarkan negosiasi ini alot karena WhatsApp memasang harga cukup tinggi, sampai dengan $1 miliar jika Google ingin melakukan pembelian. Sebelum rumor terbaru ini muncul, dulu Google juga diberitakan bahwa Google pernah mendekati WhatsApp sebelumnya, Facebook pun pernah mendekat untuk membeli layanan pesan tersebut.

Google sendiri juga sebelumnya dikabarkan tengah menyatukan layanan pesan yang ada di berbagai produk ke dalam satu platform, beberapa sumber informasi mengatakan bahwa nama layanan ini adalah Babble, namun ada pula yang mengatakan namanya Babel. Rumor akuisisi Google atas WhatsApp ini tentunya akan dikaitkan dengan layanan pesan sentral tersebut, jika kabar pembelian ini benar terjadi tentunnya akan semakin mempercepat pengembangan Babble dan meningkatkan pengalaman bertukar pesan di layanan Google.

Aplikasi atau layanan pesan memang menjadi primadona di tahun ini, berbagai layanan pesan mulai jor-joran untuk mengembangkan pasar potensial mereka. Indonesia pun menjadi salah satu pasar potensial, pertumbuhan perangkat genggam, penduduk yang banyak serta peningkatan pertumbuhan pengguna internet adalah beberapa faktor pendukung.

WhatsApp sendiri pun menjadi salah satu layanan pesan populer di Indonesia, selain WeChat, KakaoTalk dan LINE. Diberitakan bahwa WhatsApp telah mengirimkan 18 miliar pesan pada tahun baru kemarin. Aplikasi ini juga tersebar di berbagai platform populer di ranah mobile. Pendapatannya dikabarkan mencapai kurang lebih $100 juta.

Apakah rumor ini akan jadi kenyataaan dan WhatsApp akan jadi milik Google, melengkapi beberapa akuisisi lain seperti layanan email Sparrow? Mari kita tunggu pernyataan resmi serta informasi terkait.

Sumber: DigitalTrends dan AppleIndiser