[Panduan Pemula] Rumus Perkalian dan Pengurangan di Excel 2010 Serta Cara Menghitungnya

Dua formula yang paling sering dipergunakan di software Microsoft Excel

Di panduan pemula edisi sebelumnya, kita sudah mempelajari cara menjumlahkan angka di Microsoft Excel 2010. Sekarang tiba waktunya kita mempelajari formula berikutnya, yaitu rumus perkalian dan pengurangan di Excel 2010 serta cara menghitungnya dalam praktik nyata.

Rumus Perkalian dan Cara Menghitungnya

  • Jalankan aplikasi Microsoft Excel 2010 di komputer Anda, buat dokumen baru beserta datanya atau langsung buka dokumen yang hendak dihitung.
  • Rumus perkalian Excel yang pertama adalah =(data 1*data 2*dst)

  • Setelah rumus Anda ketikkan di dalam kolom, tekan enter dan lihat hasilnya. Untuk baris berikutnya Anda tidak perlu memasukkan formula di atas lagi, cukup mengklik dan menarik tepian hasil penghitungan sampai ke dasar data. Maka, seluruh baris akan terisi otomatis dengan hitungan yang benar.

  • Rumus perkalian yang kedua, tanpa menggunakan tanda kurang: =data 1*data 2*dst.

Rumus Pengurangan Excel 2010

Rumus pengurangan di Excel 2010 tak jauh berbeda dengan rumus perkalian di atas. Perbedaannya, jika perkalian menggunakan simbol *, di pengurangan menggunakan simbol minus (-).

  • Letakkan kursor di baris yang hendak dihitung, kemudian ketikkan rumus =(data 1-data 2-data dst) atau dengan rumus kedua =data 1-data 2-data dst. Tekan enter dan lihat hasilnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber gambar header Pixabay.