1. DScovery

Rumus VLOOKUP Excel: Cara dan Contoh Penggunaanya

Rumus VLOOKUP atau fungsi VLOOKUP adalah salah satu fungsi atau rumus dasar Excel dan termasuk dalam kategori pencarian dan pencarian yang sering dibutuhkan saat menggunakan Office Excel.

Rumus VLOOKUP Excel adalah rumus Excel yang digunakan untuk mengambil nilai dari spreadsheet lain berdasarkan kata kunci tertentu. Bagaimana cara menggunakan rumus vlookup di Excel? Berikut tutorial lengkapnya yang akan DailySocial.id jelaskan padamu!

Pengertian Rumus VLOOKUP

Fungsi atau rumus VLOOKUP Excel adalah salah satu dari ms. Excel digunakan untuk mencari data di kolom pertama tabel data dan mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama dari tabel data tersebut.

Rumus VLOOKUP ini di Microsoft Excel memungkinkan kamu untuk mengisi tabel berdasarkan data di tabel pencarian lain dengan nilai kunci tertentu.

Contoh penggunaan fungsi VLOOKUP adalah mengonversi rentang angka menjadi huruf di Excel.

Awalan "V" sebelum kata VLOOKUP adalah singkatan dari kata Vertikal. Istilah vertikal mengacu pada format tabel referensi yang digunakan, dengan header atau judul tabel di bagian atas dan bidang data disusun secara vertikal di bawah.

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP

=VLOOKUP(Lookup_value; Table_array; Col_index_numb; [RangeLookup])

Fungsi Vlookup excel memiliki empat argumen:

  1. Lookup_Value : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari Table_Array. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.
  2. Table_Array : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana Lookup_Value berada pada kolom pertama tabel data ini.
  3. Col_index_num : Merupakan Nomor kolom dari argumen Table_array yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi Lookup_value pada kolom pertama.
  4. RangeLookup : Diisi dengan nilai  TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus VLOOKUP digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.
  • TRUE: VLOOKUP akan menemukan NilaiYangDiCari pada TabelReferensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Jika Nilai yang sama persis tidak ditemukan maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDiCari yang akan dihasilkan.
  • FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!

Contoh Penggunaan Rumus VLOOKUP

  • Ketikkan =VLOOKUP( pada kolom Gaji Tabel B.

  • Klik kolom Golongan karyawan yang akan diisi gajinya dan tambahkan tanda ;. Jadi di kolom H2, akan terlihat rumus VLOOKUP menjadi =VLOOKUP(G2;

  • Blok data yang ada pada tabel A.

  • Sisipkan tanda $ pada angka dan nomor kolom agar bisa di-drag ke bawah, dan beri tanda ;. Rumus akan terlihat menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;.

  • Tambahkan angka 2 dan juga ; pada rumus, sehingga menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2. Ini dikarenakan yang akan dicari adalah gaji, dan gaji ada di kolom ke 2 pada tabel A.

  • More Coverage:

    Tambahkan FALSE, tutup rumus dengan tanda ) lalu tekan enter. Tampilan akhir rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2;FALSE).

Contoh Pengaplikasian VLOOKUP

C

Referensi : support.microsoft.com

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again