Categories

Interview

Ryan Gondokusumo akan Berbagi Ilmu Membangun Startup di Lean Startup Machine Jakarta 2015

Lean Startup Machine Jakarta 2015 akan diselenggarakan 2-4 September mendatang sebagai workshop yang membantu menemukan dan menciptakan ide dan produk startup yang yang diinginkan pasar

Yenny Yusra - 22 August 2015

Salah satu mentor Lean Startup Machine (LSM) Jakarta 2015 yang akan berbagi ilmu tentang dunia startup di Indonesia adalah Founder dan CEO Sribu dan Sribulancer Ryan Gondokusumo. Menurut Ryan, LSM adalah tempat berbagi mengenai proses untuk menemukan dan menciptakan ide dan produk startup yang yang diinginkan pasar.

Pada tanggal 4-6 September mendatang, Jakarta kembali menjadi tuan rumah workshop LSM, sebuah konsep memvalidasi asumsi-asumsi bisnis dengan bertemu langsung dengan calon pelanggan. Tahun ini, kegiatan LSM Jakarta akan diselenggarakan di Kejora HQ, Wisma Barito Pacific Slipi, Jakarta Barat.

DailySocial berbincang-bincang dengan Ryan tentang keterlibatannya dalam LSM Jakarta tahun ini. Bagi Ryan, ajang seperti LSM Jakarta ini merupakan tempat berbagi mengenai proses untuk menemukan dan menciptakan ide dan produk startup yang yang diinginkan pasar. Undangan menjadi mentor pun disambut baik Ryan yang sejak dulu sudah mengincar untuk ambil bagian dalam acara ini.

“Dari dulu sebenarnya saya sudah tertarik dan ingin menjadi bagian dari LSM namun baru kali ini saja mendapatkan kesempatan ini. Selain ingin melihat perkembangan dunia startup di 2015, saya ingin membantu agar dapat menghasilkan startup yang berpotensi dari program ini,” kata Ryan.

Ilmu dan pengalaman yang akan diberikan kepada peserta LSM adalah pengalaman dengan kurikulum yang teruji dan telah diterapkan di 50 kota di dunia seperti San Fransisco, Amsterdam, Hong Kong, dan Singapura. Nantinya peserta juga dapat mengembangkan ide-ide baru atau membawa ide-ide mereka yang kemudian bisa dikembangkan menjadi sebuah ide bisnis startup yang efektif. Selama workshop LSM digelar, sedikitnya telah muncul 25.000 entrepreneur.

“Melalui LSM, startup akan ter-expose lebih jauh lagi melalui media dan potential untuk diminati oleh investor. Selain diminati oleh investor, startup juga akan mendapatkan saran dan kritik mengenai produknya yang sangat berharga dari judges dan juga audience. Ini akan sangat membantu dalam iteration dan market validation,” kata Ryan.

Ryan menambahkan pentingnya untuk berbagi ilmu dengan peserta dan bakal calon pelaku startup yang antusias mengikuti LSM 2015. Nantinya ilmu yang akan dibagikan secara khusus oleh Ryan Gondokusumo memfokuskan pada hal yang perlu diperhatikan ketika membangun sebuah startup, seperti market, produk dan tim yang dibangun. Hal penting lain adalah metrics dan tantangan apa yang ditemukan di setiap stage.

Permasalahan utama yang kerap ditemui saat memulai bisnis startup adalah kesulitan dalam menentukan pasar, keinginan pasar, serta strategi mencapai keinginan pasar tersebut. LSM adalah workshop, eksperimen, dan mentorship selama tiga hari yang bertujuan untuk membangun bisnis yang baik dan sesuai kebutuhan masyarakat.

- Disclosure: DailySocial adalah media partner Lean Startup Machine Jakarta 2015

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter