Categories

Feature

Saatnya Scale up dan Manfaatkan Modal Usaha Bisnis Anda

Langkah selanjutnya yang dapat Anda tempuh setelah mendapatkan pendanaan

Dewan Republikan - 10 May 2019

Perkembangan bisnis yang serba dinamis dan kompetitif, dibutuhkan ide yang inovatif dan briliant serta ditunjang dengan modal yang optimal agar mampu bertahan dan memenangkan persaingan bisnis saat ini. Mungkin pada tahap ini Anda sering bertanya “apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan pendanaan?”.

Tantangan pertama dalam pengembangan bisnis, Anda harus mampu mengidentifikasi dengan baik value yang ditawarkan dari produk atau layanan yang hendak dijual. Di setiap lini bisnis akan memiliki proses yang berbeda, misalnya untuk bisnis di bidang jasa, tidak hanya layanan (service) tetapi skill & capability tenaga kerja juga perlu diperhatikan. Artinya unsur keahlian, track record, hingga kredensial yang disampaikan ke konsumen. Pastikan hal tersebut dipahami dengan baik sebelum berkomunikasi ke konsumen.

Scale up harus segera dilaksanakan pada momen yang tepat

Kapan waktunya untuk scale up? VP Product Strategy LinkedIn mencatat beberapa poin penting yang wajib diketahui ketika sudah sampai saat yang tepat untuk melakukan scale up. Ketika jumlah pegawai Anda sudah mencapai 150 orang atau lebih, merupakan pertanda yang pasti untuk segera melakukan scale up.

Berikut beberapa strategi-strategi yang bisa diadopsi pebisnis untuk menyiapkan dan menghindari kesalahan dan kegagalan dalam mengelola penambahan modal usaha :

Siap Menghadapi Kompetitor Saat Bisnis Sudah Bertumbuh

Salah satu alasan mengapa perusahaan wajib untuk melakukan scale up adalah kompetitor. Bisnis yang sudah bertumbuh dan berkembang tetap membutuhkan berbagai inovasi agar tetap bersaing dan tidak boleh merasa puas serta melakukan analisis terhadap pesaing, pasalnya d para pesaing itu bisa saja merupakan pesaing langsung dan pesaing tidak langsung. Pesaing langsung adalah mereka yang menyajikan produk atau layanan serupa. Sedangkan pesaing tidak langsung adalah mereka yang menyediakan produk atau layanan alternatif sebagai pengganti. sebagai founder bisnis harus memiliki pola pikir yang terbuka. Permasalahannya tidak sedikit founder yang merasa puas karena sudah berada di pasar yang niche, artinya tidak banyak pemain di sana dan pangsa konsumennya adalah kalangan khusus.

Fokus Mendapatkan Traction Pengguna

Lebih baik memiliki 100 orang yang mencintai produk Anda daripada memiliki 1 juta orang yang hanya menyukai produk Anda sesaat. Seperti yang diungkapkan oleh Co-Founder Y Combinator Paul Graham. Kesalahan terbesar dari pemilik startup adalah ketika membuat aplikasi digital berharap aplikasi tersebut langsung menjadi viral dan menjangkau jutaan pengguna. Hal tersebut menjadi tidak berguna jika jutaan orang tersebut hanya melihat dan menyukai saja.

Proses scale up akan lebih mudah dilakukan jika produk yang Anda miliki telah berhasil meraih perhatian 100 orang yang bukan hanya menyukai produk Anda namun mencintainya.

Saatnya Rekrut Orang yang Tepat untuk Bisnis Anda

Proses perekrutan merupakan kunci keberhasilan dari proses scale up. Dalam buku yang dirilis oleh Google dengan judul “How Google Works”, sebagian besar keberhasilan dari Google adalah proses perekrutan kandidat yang tepat. Secara pribadi Larry Page, Sergey Brin serta Brian Chesky mengulas satu persatu calon kandidat yang layak untuk dijadikan pegawai sedikitnya hingga 100 orang.

Yang perlu diperhatikan adalah proses perekrutan akan lebih mudah dilakukan ketika perusahaan sudah masuk ke tahap scale up, tanpa tetap mempertahankan standar atau kualifikasi dari perusahaan sekalipun jumlah pegawai semakin bertambah. Seperti yang ditegaskan oleh Founder dan ex-CEO VMware Diane Greene.

Pengembangan bisnis adalah serangkaian proses terpadu, yang bertujuan untuk mendorong pengusaha memanfaatkan berbagai komponen yang berkontribusi perkembangan bisnis selain target penjualan. Karena untuk mengembangkan bisnis dibutuhkan banyak hal, yang terkait dengan operasional , melaksanakan ekspansi, hingga menjaga relationship loyal customer agar bersedia merekomendasikan atas pengalaman dan solusi yang dialami sebagai testimoni terbaik mereka.

Pendanaan juga menjadi hal yang sangat penting bagi pengembangan usaha Anda. Ada beberapa hal bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pendanaan, salah satunya melalui program Maybank SUKA. Maybank SUKA adalah program pembiayaan atau pemberian kredit kepada pengusaha skala SME (Usaha Kecil dan Menengah) dengan proses yang sederhana, tidak “ribet”, dan cepat. Kredit dapat diberikan untuk modal kerja, dapat juga untuk membiayai investasi.

Anda bisa memperoleh limit pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha yang dilengkapi dengan layanan transaksi perbankan yang terintegrasi sehingga memudahkan proses transaksi bisnis Anda semakin efektif dan efisien..

Informasi lebih lanjut mengenai Maybank SUKA, bisa dapat melalui link berikut ini http://bit.ly/MaybankSUKA

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter