1. DScovery

Safari: Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan

Apa sih yang kamu ketahui dari browser Safari?

Browser merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan untuk membuka suatu halaman atau situs di website. Saat ini, sudah banyak browser yang bisa kamu gunakan. Salah satunya browser Safari. Nah, kalau kamu pengguna dari produk Apple pasti kaamu sudah tidak asing lagi dengan browser Safari.

Browser Safari bisa dibilang sebagai salah satu browser eksklusif. Pasalnya, Safari hanya tersedia untuk produk buatan Apple Inc. saja. Jadi, browser Safari ini hanya bisa digunakan pada produk iPhone dan Macbook. sedangkan beberapa browser lain seperti google chrome dan mozilla friefox tersedia di semua perangkat.

Pengertian Safari

Safari merupakan salah satu web browser gratis yang dibuat oleh Mac OS X. Untuk pertama kali Safari dipasang bersama Mac OS X. Kemudian, sejak tahun 1997 hingga tahun 2003 Safari menjadi browser bawaan Mac OS X v10.3. Kini Safari telah tersedia pada produk iPhone, dan iPad milik Apple Inc.

Kelebihan Safari

Sebagai browser eksklusif Apple Inc., Safari memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh browser kompetitor lainnya. Berikut keunggulan Safari.

iCloud Tab Browsing

Safari memiliki fitur sinkronisasi otomatis tab terbuka di perangkat Mac dan iOS yang menggunakan satu akun iCloud. Jadi, kamu bisa melihat secara langsung daftar tab yang sedang dibuka di MacBook ketika kamu sedang menggunakan Safari melalui perangkat iPhone dan iPad.

Reader View

Guna memberikan kenyamanan bagi penggunanya, Safari juga memiliki fitur mendeteksi artikel dan menyajikannya dalam format yang menghapus navigasi dan iklan supaya tampilan menjadi lebih mudah dibaca. Kehadiran fitur ini pada browser Safari membuat pengguna menjadi praktis karena tidak perlu memuat jendela baru saat membaca artikel.

Sharing

Safari memungkinkan penggunanya untuk membagikan situs web dengan mudah menggunakan tombol berbagi bawaannya yang tersedia. Jadi, kamu bisa membagikan suatu halaman pada situs tertentu melalui pesan, email, FaceBook hingga Twitter. Menariknya, kamu juga bisa berbagi pada pengguna iPhone, iPad., dan Mac lain menggunakan AirDrop dengan perangkat terhubung di dekatmu.

Hemat Energi

Safari memiliki fitur hemat energi yang membuatnya menjadi lebih unggul dibanding browser kompetitornya. Tentu saja kamu bisa menggunakan Safari hingga berjam-jam penggunaan.

Kekurangan Safari

Selain memiliki banyak keunggulan, browser Safari juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui. Berikut kekurangan Safari.

Dukungan Plugin Terbatas

Berbeda dengan Chrome, Safari membatasi plugin pada penggunanya. Walaupun Safari menyediakan ekstensi, akan tetapi plugin yang tersedia tidak sebanyak Chrome.

Tidak Memiliki Ikon Tab

Safari tidak memiliki ikon Tab. Sementara, Google Chrome menggunakan ikon Favicon untuk membantu penggunanya membedakan tab peramban dan membantu pengguna memilih yang diinginkan.

Eksklusif untuk Apple

Berhubung Safari merupakan browser bagi pengguna produk Apple, Safari hanya tersedia secara eksklusif untuk iPad, iPhone dan MacBook saja. Jadi kalau kamu pengguna produk Apple, sudah pasti browser yang kamu gunakan adalah Safari. Sementara bagi pengguna Android, tidak bisa menggunakan browser Safari, melainkan direkomendasikan menggunakan Google Chrome.

Berikut artikel mengenai Safari. Safari merupakan browser bawaan pengguna produk Apple Inc. Kalau kamu menggunakan perangkat Android, kamu bisa memilih browser Chrome sebagai browser utamamu. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again