Categories

Mobile

Sailfish OS Kini Bisa Menjalankan Aplikasi Android

Iqbal Farabi - 18 September 2013

Kabar baru datang dari Sailfish OS. Jolla, perusahaan yang didirikan oleh para mantan karyawan Nokia pegembang MeeGo, baru-baru ini mengumumkan kompatibilitas Sailfish OS untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Sebagai pemain baru di ranah sistem operasi mobile, tentunya belum banyak aplikasi native yang sudah dikembangkan untuk Sailfish OS. Dengan demikian, langkah yang diambil Jolla untuk menyediakan kompatibilitas Sailfish OS dengan Android ini terbilang sangat strategis. Jolla kini bisa meyakinkan para penggunanya untuk tak perlu khawatir mengenai ketersediaan aplikasi karena perangkat-perangkat berbasis Sailfish OS besutan Jolla bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android.

Tidak hanya itu. Sailfish OS juga kompatibel dengan arsitektur perangkat keras yang ditujukan untuk sistem operasi Android. Dari sisi produsen, langkah Jolla ini bisa membujuk lebih banyak produsen-produsen ponsel pintar berbasis Android untuk juga mengembangkan perangkat berbasis Sailfish OS karena mereka bisa langsung menggunakan arsitektur perangkat keras yag selama ini sudah dipakai.

Kepada TechCrunch, Jolla juga menyatakan sedang merencanakan untuk membuka batch kedua pre-order Jolla phone. Belum ada keterangan spesifik perihal kapan batch kedua tersebut akan dimulai. Meskipun demikian, batch pertama pre-order Jolla phone terbilang sukses. TechCrunch menyebut bahwa tidak kurang dari 50.000 perangkat Jolla phone habis dipesan.

Bersama Tizen dan Firefox OS, tentunya menarik untuk disimak kiprah sistem operasi mobile alternatif ini. Bagi saya sendiri, duopoli Android dan iOS menjadikan pasar sistem operasi mobile cukup jenuh. Barangkali hadirnya sistem operasi baru seperti Sailfish OS, Tizen, dan Firefox OS bisa memberi inovasi yang segar di industri mobile.

 

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter