Categories

Gadget

Saingi Apple Watch, Samsung Siapkan Smartwatch Baru dengan Desain Bundar

Oki Rosgani - 14 May 2015

Jika dibanding produsen lainnya, peluncuran Apple Watch mungkin terbilang lambat, namun nyatanya para fans Apple rela menunggu hingga perangkat jam tangan pintar perdana besutan Apple itu dirilis kepasaran, dan benar saja, sesaat setelah perangkat Apple Watch itu resmi dirilis, perangkat jam tangan pintar itu langsung ludes terjual dalam waktu singkat.

Samsung, perusahaan yang disebut-sebut selalu membayang-bayangi Apple melalui produk-produknya, tengah bersiap untuk merilis perangkat smartwatch baru yang akan bisa menyaingi Apple Watch. Kendati Samsung telah memiliki sejumlah model smartwatch, namun kini perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini telah menyiapkan jam tangan pintar teranyar yang akan memiliki desain yang benar-benar baru.

Info Menarik: Inilah Bocoran Informasi Samsung Galaxy Tab S2

Jika jam tangan pintar yang sebelumnya dirilis Samsung memiliki bentuk layar persegi, maka jam tangan pintar baru yang kabarnya akan memiliki nama Orbis atau Galaxy Gear A ini akan memiliki bentuk bundar. Informasi tentang perangkat ini hadir melalui SDK (Software Development Kit) Gear terbaru yang ditujukan untuk para pengembang, dari sana juga kita bisa tahu bahwa jam tangan pintar itu akan beroperasi dengan platformTizen OS milik Samsung.

Lantas apa yang baru pada perangkat jam tangan pintar besutan Samsung ini? Desain bundar yang disematkan jam tangan pintar terbaru ini ternyata bukan tanpa maksud, karena pinggiran bezel-nya bisa diputar untuk mengakses menu dan menjalankan sejumlah perintah.

Fungsi inilah yang diprediksi nantinya akan bisa menyaingi Digital Crown milik Apple Watch. Melalui fitur ini pengguna jam tangan pintar terbaru besutan Samsung ini akan bisa mengakses menu, berpindah-pindah layar, melakukan zoom-in dan zoom-out ketika menampilkan foto atau yang lainnya.

Bezel yang bisa diputar

Sama seperti jam tangan pintar lain yang pernah dirilis, jam tangan pintar besutan Samsung ini akan memiliki sejumlah fitur seperti monitor detak jantung, koneksi ke satelit GPS, memiliki kemampuan untuk terhubung dengan jaringan WiFi dan akses ke jaringan seluler, sayangnya seperti yang dikutip dari Phonearena, perangkat ini hanya memiliki koneksi ke jaringan 2G saja, karena sejatinya ia merupakan perangkat pelengkap yang bisa disandingkan dengan perangkat pintar lainnya seperti smartwatch dan tablet dimana koneksi yang lebih cepat bisa didapat dari kedua perangkat ini.

Info Menarik: Samsung Mulai Perakitan Ponsel di Pabrik Cikarang

Dari tampilan gambar teaser yang terdapat di halamandeveloper juga terlihat bahwa perangkat jam tangan pintar ini akan bisa mengakses sejumlah layanan aplikasi seperti CNN, Yelp, Baidu, FidMe, dan Apposter. Sayangnya belum ada detail informasi teknis dari perangkat jam tangan pintar ini, namun kabarnya perangkat ini akan mengusung layar sentuh berukuran 1.65 inci dengan resolusi 360 x 360 piksel.

Nama perangkat ini memang belum pasti, dua nama di atas masih bisa berubah. Kabarnya smartwatch dengan desain baru ini akan dirilis Samsung pada bulan September tahun ini bersamaan dengan dirilisnya perangkat smartphoneSamsung Galaxy Note 5.

Sumber: PhoneArena, Samsung, SamMobile, Tizen Experts | Gambar Header: Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter