17 February 2015

by Glenn Kaonang

Saingi Google Docs, Apple iWork Kini Bisa Diakses Siapapun dengan Web Browser

Google Docs dan Microsoft Office Online resmi memiliki pesaing baru di dunia produktivitas multi-platform, Apple iWork. Perusahaan asal Kalifornia tersebut telah ‘membuka’ iWork – yang terdiri dari Pages, Numbers dan Keynote – untuk bisa diakses oleh siapapun dengan web browser.

Apple iWork kini dapat diakses tanpa harus menggunakan perangkat buatan Apple. Tidak peduli Anda seorang pengguna perangkat Android, Windows atau Linux sekalipun, Apple iWork bisa Anda gunakan selama ada web browser dan koneksi internet. Pun begitu, Anda masih diminta untuk membuat (memiliki) Apple ID karena layanan ini merupakan satu bagian dari platform iCloud milik Apple.

Info menarik: LG Watch Urbane, Smartwatch Android Wear Elok dengan Material Metal Diperkenalkan

Saat singgah ke laman iCloud Beta, Anda akan disambut oleh banner spesial di bagian atas. Dari situ Anda bisa membuat Apple ID baru langsung di laman yang sama – Anda tidak akan diminta untuk mencantumkan informasi pembayaran.

Setelah berhasil mendaftar Apple ID dengan cara tersebut, Anda bisa langsung menggunakan Pages, Numbers dan Keynote dengan opsi storage di iCloud sebesar 1 GB secara cuma-cuma. Semua dokumen yang Anda buat di sini akan tersinkronisasikan di tempat lain, dengan catatan Anda menggunakan Apple ID yang sama saat login ke situs iCloud Beta.

Perlu diingat, semua ini masih memiliki label “Beta” di atasnya. Jadi, kemungkinan besar masih terdapat sejumlah bug pada Apple iWork versi online ini.

Via: The Verge.