18 June 2014

by Bambang Winarso

Saingi Snapchat, Facebook Rilis Aplikasi Bernama 'Slingshot'

Facebook baru-baru ini resmi merilis aplikasi pesan baru mereka bernama Slingshot yang telah bisa diunduh di App Store dan Google Play. Meskipun tak membuat pernyataan secara terbuka, namun aroma 'dendam' sangat terasa di mana Slingshot juga menawarkan fitur menghapus pesan otomatis, fitur yang notabene jadi ciri khas aplikasi Snapchat.

Perlu sobat ketahui bahwa Snapchat dahulu pernah ditawar oleh Facebook dengan nominal uang yang sangat besar, namun dengan alasan tak tertarik untuk bergabung, manajemen menolak mentah-mentah tawaran tersebut.

Tak berselang lama setelah ditolak oleh Snapchat berhembus isu Facebook akan membuat aplikasi sendiri yang serupa dengan Snapchat. Kabar tersebut tampaknya bukan isapan jempol, aplikasi bernama Slingshot kini resmi meluncur ke App Store dan Google Play dan sudah bisa diunduh secara gratis.

 

Info Menarik: Situs Xiaomi India Lebih Dahulu Hadir Ketimbang Indonesia

 

Misi Slingshot tampak jelas, merangsek ke kategori pesan dengan target utama adalah mengalahkan Snapchat. Namun meskipun Slingshot juga menerapkan konsep menghapus pesan secara otomatis sebagaimana Snapchat, aplikasi buatan Facebook ini memiliki senjata lain sebagai senjata untuk membuat pengguna untuk terus memakai aplikasi.

Alih-alih menghapus pesan setelah dibaca, pengguna Slingshot harus membalas pesan foto atau video yang diterima terlebih dahulu untuk dapat melihat isi pesan tersebut. Foto atau video yang dikirimkan bisa disisipi teks di sisi gambar atau sebagai judul di bawah foto.

Saat menulis pesan, pengguna dapat memilih warna di sepanjang poros layar. Sementara lebar paragraf dapat disesuaikan melalui tool yang tersedia sepanjang sisi horisontal layar aplikasi. Yang lebih mengasikkan, pengguna dihibur dengan musik saat menulis pesan.

Ide pembuatan aplikasi Slingshot ini diklaim lahir di bulan Desember lalu, dan jika boleh disimpulkan aplikasi ini meminjam fitur dari beberapa aplikasi populer seperti Instagram, Vine dan tentunya fitur menghapus pesan milik Snapchat. Seperti halnya Snapchat, aplikasi Slingshot menawarkan sisi fun dalam berkirim pesan video, foto dan teks.

 

Info Menarik: 5 Aplikasi Mobile Bagi Pengguna TransJakarta

 

Namun Facebook tampaknya harus bekerja ekstra keras mengingat momentum peluncuran Slingshot bisa dikatakan agak terlambat, sebab saat ini kategori aplikasi pesan sudah dibombardir oleh banyak pemain mulai BlackBerry Messengger, WhatsApp, Line, KakaoTalk, Viber, dan lain-lain termasuk Snapchat.

Dengan modal fitur 'contekan' dari Snapchat, Facebook tampaknya tak punya keunggulan dibanding aplikasi-aplikasi tersebut. Jika gagal bersaing, bukan tak mungkin Slingshot akan bernasib sama dengan Facebook Poke yang terpaksa harus pensiun dini, begitu pula dengan Facebook Camera App yang sama-sama mengemban misi sebagai aplikasi pesan.

Keunggulan yang dimiliki oleh Facebook saat ini terletak pada sumber daya, modal dan target pasar berupa pengguna Facebook sendiri. Namun semua kembali kepada pengguna, karena merekalah yang memutuskan untuk menggunakan Slingshot atau tidak. Bagaimana dengan Anda, tertarik menggunakan Slingshot?

Sumber berita Phonearena.