11 August 2015

by Glenn Kaonang

Saingi Uber, GrabCar Kini Siap Jemput Penumpang Ibu Kota

Startup yang melayani pemesanan taksi, GrabTaxi, tampaknya semakin agresif menghadapi persaingan bisnis yang ada. Bulan Mei kemarin, mereka memperkenalkan layanan baru bernama GrabBike guna bersaing dengan Go-Jek. Sekarang, giliran Uber yang ditarget lewat sebuah layanan baru, GrabCar.

GrabCar sendiri sebenarnya tidak benar-benar baru. Layanan ini sudah lebih dulu beroperasi di Bali pada musim liburan kemarin, tepatnya mulai tanggal 15 Juni 2015. Namun mulai tanggal 10 Agustus 2015, GrabCar sudah tersedia buat konsumen yang tinggal di Jakarta.

Info menarik: Dikabarkan Dapat Pendanaan Baru, Uber Makin Tajir

Seperti yang saya katakan, GrabCar akan bersaing langsung dengan Uber, yakni dengan mengerahkan armada taksi privat dalam menjemput dan mengantar para pelanggannya. Di Bali sendiri, GrabCar mematok tarif awal Rp 7.000, disusul oleh Rp 4.500 per kilometernya. Jenis mobil yang ditawarkan pun ada tiga, yakni Economy, Premium dan 6-Seater.

Guna meramaikan debutnya di ibu kota, GrabCar mengadakan promosi tumpangan gratis hingga tanggal 31 Agustus 2015 mendatang, sebelum memberlakukan tarif normal. Promo ini hanya berlaku untuk pelanggan dengan titik jemput atau tujuan di kawasan Kemang dan Semanggi, serta menggunakan kode promosi INDONESIAKU pada saat memesan menggunakan aplikasinya.

Bicara soal aplikasi, GrabCar juga tidak memerlukan aplikasi terpisah. Pelanggan bisa langsung memesan taksi privat GrabCar melalui aplikasi GrabTaxi yang sudah tersedia secara cuma-cuma untuk perangkat Android, iOS maupun BlackBerry.

Sumber: Jakarta Post dan DailySocial.