Categories

Game

Sajikan Konsep Unik, Game Close Your Gunakan Kedipan Mata Sebagai Input

Pemain tidak pernah tahu apakah adegan selanjutnya terjadi lima detik atau lima tahun dari saat mata terpejam.

Yoga Wisesa - 31 August 2016

Berkat faktor interaksi, video game diakui sebagai medium penyampaian cerita yang jauh lebih canggih dari film. Hingga kini, developer besar maupun indie terus melakukan eksperimen berbekal beragam teknologi baru - satu contohnya ialah VR. Menariknya, desainer game William Hellwarth malah memutuskan buat menggunakan fitur yang sudah banyak tersedia.

Seberapa sering Anda memakai webcam? Alat kecil ini seringkali terlupakan hingga Anda mengaktifkannya saat ingin melakukan video call. Kabar baiknya, sebentar lagi peran webcam akan berubah dari sekedar pelengkap menjadi input, berkat kreasi anyar Hellwarth. Sang programer memperkenalkan Close Your, permainan pertama yang mampu mendeteksi kedipan mata lewat webcam.

Close Your dirancang sebagai cerita pendek interaktif, mengisahkan perjalanan hidup sang karakter dari hari kelahiran, masa-masa penting, sampai waktu ia meninggal. Konsep dasarnya memang sederhana, tapi ada satu pembeda antara Close Your dan interactive drama lainnya: adegan tersebut dapat berlangsung selama mata Anda tetap terbuka. Berkedip, dan pemain segera dibawa ke adegan selanjutnya.

Permainan memanfaatkan webcam buat melacak gerakan mata secara real-time. Kedipan mata akan mengaktifkan fungsi fast forward. Uniknya lagi, Close Your menitikberatkan aspek random, sehingga kita tidak pernah tahu apakah episode selanjutnya terjadi lima detik atau lima tahun dari saat Anda memejamkan mata. Dan formula ini jadi lebih masuk akal setelah Anda mengetahui tema serta latar belakang cerita Close Your.

Close Your fokus pada seorang tokoh yang berada di ujung hidupnya. Tabrakan maut tidak bisa terelakkan, namun di momen tersebut, waktu seolah-oleh berhenti. Ketika membuka mata, Anda berhadapan langsung dengan sang Kematian. Ia memberikan pemain satu kesempatan lagi untuk mengunjungi Bumi: sewaktu belajar berjalan, menghadapi masalah di sekolah dan kebosanan di tempat kerja, bertemu pasangan hidup Anda, membesarkan anak, bertengkar dengan orang tua, dan selanjutnya menyaksikan pemakaman mereka.

Berkedip tidak bisa dihindari dan hal ini menciptakan ketegangan. Close Your menyajikan narasi bercabang-cabang, semuanya tergantung dari tindakan pemain, tetapi game tidak memberikan pilihan jelas. Contoh skenarionya: apakah Anda akan mendengarkan candaan rekan kerja atau mengabaikannya? Close Your memonitor keputusan pemain sembari menyajikan kisahnya secara dinamis.

Saat ini Close Your masih dalam tahap pengembangan. Rencananya, game baru akan meluncur di PC melalui Steam pada bulan Februari 2017.

Sumber: Kickstarter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter