1 July 2015

by Yoga Wisesa

Saking Tangguhnya, Action Cam Barnacle Tetap Bekerja Meski Terlindas Mobil

Dalam penciptaan action camera, ketangguhan ialah aspek yang sama pentingnya dengan mutu rekam video. Tak sekedar berdasarkan build quality dan pemilihan material, faktor ini terkait desain. Buat sekarang GoPro memang masih jadi pilihan mayoritas videographer olahraga ekstrem dan para petualang, tapi mungkin belum cukup 'ekstrem' untuk skenario tertentu.

Bentuk serta penempatan menyembul menyebabkan action camera semisal GoPro terekspos bahaya. Saat terbentur, ia berpotensi jatuh dan rusak. Hal tersebut mendorong inventor Todd Richards mencari solusinya. Setelah gagasan terlahir di penghujung 2014, bersama tim TRinnovations, Richards mengenalkan Barnacle. Kamera ini digarap buat 'melakukan segala hal yang tidak mungkin dilakukan model lain'.

Ketika action camera standard mengambil bentuk kotak, Barnacle mengusung rancangan pipih. Penampilan ini menyebabkan kamera tidak menonjol. Ukurannya kecil, cuma 6,5x5 sentimeter dan bisa dipasangkan dengan mantap di bermacam-macam benda seperti helm dan topi tanpa memerlukan mounting rumit. Bahkan Barnacle tetap bekerja normal setelah tergilas mobil ataupun motor - semua komponennya lulus uji coba intensif.

Bagaimana cara TRinnovations menciptakannya? Barnacle memanfaatkan bahan plastik ABS. Jenis plastik tersebut digunakan untuk bumper mobil, kuat namun fleksibel. Dimensi minimalis juga memastikan tingkat aerodinamis yang tinggi. Ia sanggup menopang bobot lebih dari 200 kilogram secara konstan, mampu bertahan di kecepatan tinggi (melewati 200 kilometer per jam), padahal berat Barnacle hanya 50 gram.

Info menarik: 5 Action Camera yang Dapat Digunakan dengan Smartphone Android Anda

Kemampuan kamera juga menjadi perhatian utama TRinnovations. Barnacle menawarkan resolusi full-HD 1920x1080 di 30fps dan HD 1280x720 di 60fps. Anda disuguhkan dua tipe lensa: jenis normal dengan sudut 110 derajat dan wide-angle bersudut 130 derajat. Action camera itu tak lupa dibekali fitur motionactivation, microphone, kapabilitas foto still, serta keleluasaan konfigurasi setting. Untuk merekam video 1080p, Barnacle aktif selama dua jam, menyimpan file-nya di kartu Micro SD. Proses isi ulang baterai sendiri memakan waktu 2,5 jam.

Karena permukaan alasnya lebar, kita dapat menempelkan Barnacle dengan berbekal velcro atau double tape. Jika Anda memilih metode 'normal', developer tak lupa menyiapkan aksesori mount serta adapter kamera standard ataupun GoPro. Untuk sekarang baru ada dua opsi warna, hitam dan biru (dijanjikan lebih banyak lagi nanti), dikemas dalam packaging logam timah.

Barnacle sudah bisa dipesan melalui situs crowdfundingKickstarter, dijajakan mulai dari harga US$ 145. Proses distribusi pada backer rencananya berlangsung bulan Agustus 2015.