SalingSilang Umumkan Penutupan Layanan Mereka

Jika Anda pembaca setia situs SalingSilang.com (seperti juga saya) Anda pasti kehilangan tulisan atau artikel terbaru dari situs yang menyediakan rangkuman serta berbagai berita seputar media sosial, terutama di Indonesia. Tak adanya update ini sepertinya menandakan sesuatu, dan kemarin, SalingSilang resmi mengumumkan penutupan layanan mereka.

Lewat rilis pers yang diumumkan via email serta dimuat juga di blog resmi SalingSilang serta situs Beritagar, SalingSilang secara resmi mengumumkan penutupan situs SalingSilang.com serta jejaring maupun keluarga SalingSilang. Ini berarti juga penutupan layanan beberapa situs yang menjadi keluarga mereka seperti Politikana, Ngerumpi, DagDigDug, BicaraFilm, KuFoto dan berbagai layanan lain.

Dari rilis yang diumumkan, salah satu yang menjadi alasan adalah fokus pada bidang yang berbeda satu sama lain yang ada di bawah bendera SalingSilang secara keseluruhan. SalingSilang sendiri memberikan layanan pengumpulan data media sosial, pembuatan dan rangkuman peristiwa media sosial, dukungan dan aktivasi komunitas online, konsultasi kampanye media sosial dan penyelenggaraan acara seperti SocialMediaFest, PictFest dan Ngerumpi Days Out.

Fokus yang berbeda ini juga diperkuat dengan berpencarnya tim yang ada di SalingSilang dengan proyek yang berbeda-beda, antara lain di bidang consulting, media dan content serta mobile project.

Sejak pengumuman sampai saat ini, banyak komentar lewat Twitter yang menyatakan simpati serta dukungan atas proyek selanjutnya terus bermunculan. Termasuk dari beberapa pengguna yang aktif dalam layanan yang ada di keluarga SalingSilang.

Saya sendiri sangat merasa terbantu dengan hadirnya SalingSilang, tim yang bekerja di sana di situs tersebut cukup cepat memberikan informasi yang informatif atas apa yang terjadi di media sosial, terutama di tanah air. Beberapa kali, Trenologi juga mengutip artikel dari situs tersebut.

Selain situs, event yang diadakan SalingSilang dengan mitra mereka (termasuk DailySocial yang adalah sister company Trenologi) juga memberikan gambaran tentang geliat media sosial, serta ajang kumpul komunitas dan kegiatan yang menggunakan sarana digital dan media sosial untuk memaksimalkan program-program mereka. Acara-acara ini juga menjadi ajang berbagai ilmu dari berbagai komunitas.

Disayangkan memang, tetapi tentunya ketidak fokusan bisa menjadi bom waktu yang jika tidak diselesaikan justru akan memberikan dampak yang lebih buruk dalam jangka panjang, tidak terkecuali juga bagi SalingSilang. Meski harus melepaskan komunitas yang sudah ada saat ini, bisa jadi ini keputusan yang terbaik untuk perkembangan ke depannya.

Saya sendiri yakin passion para pendiri serta tim yang ada di balik SalingSilang tidak akan behenti di pengumuman penutupan layanan mereka. Seperti yang sudah disebutkan, setidaknya ada 3 layanan yang akan terus menemani pertumbuhan media sosial tanah air yang memiliki sentuhan orang-orang yang pernah ada di balik SalingSilang.

Siapa tau ada beberapa keluarga SalingSilang yang akan dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih keren, atau hadir produk dan layanan baru yang bisa lebih memberi manfaat serta menampilkan inovasi. Beritagar, sebagai salah satu produk yang dikelola oleh tim yang pernah tergabung di SalingSilang (meski pada pengenalan layanan mereka masih tergabung dalam SalingSilang), bagi saya adalah salah satu produk yang sangat menarik, (terlepas dari hal bahwa Beritagar adalah mitra dari Trenologi), pendekatan cara penyampaian berita, penyediaan aplikasi untuk membaca berita serta konsep yang dihadirkan memberikan warna baru dari industri konten di Indonesia.

Beberapa layanan atau produk yang lain saya dengar kabarnya juga sudah diisi dengan anggota tim terbaik di bidangnya, jadi sepertinya kita tinggal menunggu waktu untuk mendengar berbagai pengumuman atas produk dan layanan apa yang akan muncul atau pengembangan dari yang sudah muncul, dari mantan tim SalingSilang.

Sebagai entitas, SalingSilang mungkin ditutup dan bubar, tetapi kita tetap bisa menanti dengan optimis atas produk, layanan dan kegiatan lain yang akan hadir dari orang-orang yang pernah menghadirkan SalingSilang bagi penggunanya. Meminjam pernyataan di rilis pers, kita nantikan 'something awesome' dari mereka.

Berikut rilis resmi dari SalingSilang:

Jakarta, 9 Januari 2013 Kepada yang kami hormati, Rekan-rekan media, Pembaca, penikmat, dan pengguna Salingsilang.com, serta jejaring, maupun keluarga Salingsilang. Dengan sangat menyesal, kami memberitahukan dan menegaskan bahwa Salingsilang.com, serta jejaring, dan keluarganya berhenti beroperasi, setelah berjalan sejak 2011. Penyebabnya adalah fokus pada bidang yang berbeda satu sama lain, yang sebelumnya dilakukan di bawah bendera Salingsilang secara keseluruhan; mulai dari pengumpulan dan layanan data media sosial, pembuatan dan rangkuman peristiwa media sosial, dukungan dan aktivasi komunitas online, konsultasi kampanye media sosial, hingga penyelenggaraan acara seperti Social Media Fest. (2011, 2012), PictFest, dan Ngerumpi Days Out. Kini, tim yang sebelumnya tergabung di Salingsilang, sudah berpencar mengerjakan project berbeda: di bidang consulting, media dan content, hingga mobile project. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terutama pada komunitas-komunitas yang sudah bergabung, dan mendukung kami sejauh ini. Kami menyayangkan Salingsilang tidak dapat berjalan lagi. Tapi apa boleh buat, itu yang terjadi. Kami masih percaya pada kekuatan dunia digital untuk mengubah Indonesia jadi lebih baik, melalui media sosial yang masih akan terus berpengaruh di tahun-tahun ke depan. Kami bangga atas apa yang sudah kami kerjakan, pada tim yang sudah terbentuk, dan seluruh pihak yang sudah bekerja bersama. We had fun! Perjuangan belum selesai, dan tidak perlu berhenti sampai di sini. Mari terus berkarya, dan bersama-sama creating something awesome! :) Kami, tim Salingsilang.com pamit undur.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again