Categories

Gadget

Salip Rivalnya, Oppo Jadi Produsen Smartphone Nomor Satu di Tiongkok

Smartphone Oppo F1 Plus menjadi salah satu faktor meningkatnya pangsa pasar Oppo per Juni 2016

Oki Rosgani - 26 July 2016

Produsen smartphone Oppo sepertinya tengah bergembira, pasalnya salah satu badan riset di Hong Kong bernama Counterpoint Technology Market Research baru saja memperoleh data yang menegaskan bahwa Oppo telah menjadi produsen smartphone nomor satu di Tiongkok.

Oppo telah melibas rival senegaranya seperti Xiaomi, Vivo dan Huawei. Tidak hanya itu, bahkan produsen smartphone yang juga kini tengah menjadi rising star di Indonesia ini telah berhasil mengalahkan Apple di pasar Tiongkok.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Counterpoint pada bulan Juni 2016 lalu, Oppo telah berhasil meraih market share sebesar 23%, diikuti oleh Huawei yang berhasil mendapatkan market share sebesar 17,4%, sedangkan Vivo yang baru memulai kiprahnya di pasar global itu harus puas berada di posisi ketiga dengan raihan pangsa pasar sebesar 12% di pasar Tiongkok.

Oppo memimpin market share di Tiongkok

Sementara itu, perusahaan peninggalan mendiang Steve Jobs hanya memperoleh pangsa pasar sebesar 9% saja, namun begitu Apple masih lebih baik dibandingkan Xiaomi yang kini hanya memperoleh 6,8% di negaranya sendiri, angka ini merupakan yang paling rendah yang pernah diperoleh Xiaomi sejak tiga tahun terakhir ini.

Oppo R9 memberikan peran besar pada market share Oppo

Seperti yang kami rangkum melalui GSMArena dari Counterpoint, peningkatan yang dilakukan Oppo sejak dua tahun terakhir memang terlihat signifikan. Pada tahun 2014 lalu, Oppo hanya memperoleh pangsa pasar kurang dari 2% saja, namun pada bulan Juni tahun berikutnya OPPO berhasil menaikkan pangsa pasar hingga menyentuh angka 6,1%, dan kini mereka telah berhasil mendongkraknya hingga menyentuh angka 23% atau lebih tepatnya sebesar 22.9%.

Raihan ini tidak lepas dari andil salah satu perangkat Oppo yaitu R9 yang laris manis dipasaran, untuk model smartphone ini saja Oppo mampu memperoleh pangsa pasar hingga sebesar 5%. Di pasar lain di luar Tiongkok termasuk di Indonesia smartphone Oppo R9 ini dikenal sebagai produk smartphoneOppo F1 Plus yang hadir dengan kemampuan kamera selfie terbaik di kelasnya.

Dari sumber yang sama juga disebutkan bahwa Oppo telah memiliki rencana untuk menelurkan varian terbaru dari smartphone F1 tersebut yakni Oppo F1s pada bulan Agustus nanti yang diharapkan bisa lebih mendongkrak penjualan dan meningkatkan pangsa pasar mereka selanjutnya.

Sumber: GSMArena | Gambar Header: Ilustrasi smartphone Oppo F1 Plus.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter