Sam Ialah Asisten Personal Virtual Gaming Buatan Ubisoft

Sam Adalah Asisten Personal Virtual Spesialis Gaming Buatan Ubisoft

Sam secara inisiatif dapat mencari dan memberikan Anda tips gaming berguna.
Ubisoft Sam.
Ubisoft Sam.

Hampir setengah abad selepas IBM Shoebox diperkenalkan, Siri lahir sebagai asisten digital pertama untuk perangkat pintar. Setelahnya, teknologi-teknologi serupa bermunculan, dari mulai Google Assistant, Cortana, hingga Alexa. Secara garis besar, cara kerja mereka tak jauh berbeda, namun satu perusahaan hiburan melihat peluang untuk memanfaatkan pendekatan ini di ranah gaming.

Lewat sebuah trailer, Ubisoft memperkenalkan Sam, yakni asisten virtual yang dispesialisasikan buat para gamer. Premisnya sangat menarik: Sam dirancang untuk menyederhakan proses pencarian informasi, berbasis detail profil, koleksi permainan, dan daftar teman Anda, dipadu segala data dari komunitas gaming Ubisoft. Info-info tersebut dirangkum dengan lengkap, dan sebagian dihidangkan sebagai tips.

Sam bisa diakses dari aplikasi mobile Ubisoft Club dengan menekan sebuah tombol. App ini tersedia gratis untuk pengguna perangkat Android dan Apple. Berdasarkan video yang diunggah Ubisoft, pengoperasian Sam menyerupai asisten digital sejenis: Anda tinggal memasukkan pertanyaan lewat teks atau suara, dan Sam segera menjawabnya – juga secara tertulis dan suara. Ubisoft memberi Sam karakteristik seorang wanita, lagi-lagi mirip Siri dan Cortana.

Salah satu contoh skenario yang Ubisoft perlihatkan adalah Anda dapat bertanya mengenai progres dalam permainan Assassin’s Creed Origins, lalu Sam akan memaparkan rinciannya, seperti ‘Anda main selama 17 jam 52 menit dan baru mengeksplorasi 31 persen dari konten game‘.

Sam 1

Lewat Sam, Anda juga bisa mencari tahu permainan apa yang sedang jadi favorit teman-teman serta berbelanja game. Dan uniknya lagi, Sam segera tahu jika Anda masuk ke dalam permainan. Selanjutnya, ia secara inisiatif akan mencari dan memberikan tips berguna, terutama jika sebelumnya Anda beberapa kali kalah dalam pertandingan.

Selain itu, asisten digital gaming ini akan menantang Anda dengan tugas-tugas khusus. Jika berhasil menyelesaikannya, Anda akan memperoleh bonus in-game, mendapatkan Club Unit, Club XP, badge serta meningkatkan posisi Anda di leaderboard. Anda bisa menentukan sendiri judul game dan jenis tantangannya di aplikasi mobile. Ubisoft kabarnya telah menyiapkan lebih dari 600 item eksklusif (berupa skin, kostum atau consumable), tersedia untuk 90 permainan di console dan PC.

Saat ini, versi beta Ubisoft Sam baru bisa dinikmati oleh user di kawasan Kanada.

Meski sederhana, buat saya konsep Sam sangat menjanjikan. Bayangkan, jika Anda kesulitan menghadapi boss atau telah menghabiskan berjam-jam mencari jalan keluar suatu puzzle, Anda bisa meminta Sam untuk mencarikan walkthrough langsung di smartphone. Seandainya saja kapabilitas Sam diekspansi hingga mencakup judul-judul non Ubisoft…

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…