1. Startup

Mengenal SAM Element, Provider PaaS untuk IoT

Memudahkan pabrikan elektronik dan pengembang software mengembangkan perangkat IoT

SAM Element, sebuah startup yang berbasis di Surabaya, didirikan sebagai premis penyedia Platform as a Service (PaaS) untuk memudahkan banyak pihak untuk mengembangkan perangkat IoT. SAM Elemen menghadirkan tools, modul konektivitas, cloud storage, dan servis terintegrasi.

CEO SAM Element Agustinus Rudy kepada DailySocial menjelaskan, SAM Element hadir sebagai sebuah startup PaaS yang dapat digunakan oleh pabrikan untuk mengubah perangkat yang dimiliki menjadi smart device/IoT device, sehingga dapat masuk ke pasar IoT dengan lebih cepat, lebih murah, dan dengan risiko minimal.

Solusi SAM Element memungkinkan pabrikan elektronik tetap fokus dalam pengembangan perangkat elektronik dan menghasilkan sensor dengan kualitas terbaik.

"Kami di SAM Element memberikan mereka tools & connectivity modules, ready to use app, cloud storage and analytic, and integration services. Kita juga dapat memberikan akses ke developer API jika mereka membutuhkan untuk membangun aplikasi yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka," terang Rudy.

SAM Element saat ini masih berjalan dengan pendanaan sendiri atau bootstrap. Tahun ini SAM Element tengah berusaha menambah partner sebanyak-banyaknya untuk mulai berkolaborasi membangun industri 4.0 secara lebih cepat dan lebih baik.

Dengan solusi yang ditawarkan, mereka menargetkan konsumen dari pengguna pabrikan elektronik dan pengembang software. SAM Element saat ini sudah memiliki beberapa pelanggan, di antaranya Pemkab Sidoarjo dan Elitech (penyedia medical devices).

"Karena SAM Element hadir sebagai platform, maka target pengguna adalah pabrikan elektronik dan pengembang software, di mana mereka masing-masing dapat saling menghasilkan produk yang berkualitas tanpa perlu dipusingkan urusan software bagi mereka pengembang hardware atau dipusingkan urusan hardware bagi mereka pengembang software," imbuh Rudy.

Ia menambahkan, akses ke dalam platform terbuka bagi siapa saja,  mulai dari penghobi IoT, UKM hingga enterprise.

Fitur-fitur SAM Element

SAM Element mengklaim telah mengembangkan platform dan produk yang bisa diandalkan dari segi ketahanan dan keamanan data. Setiap layanan SAM Element disebut dilengkapi dengan proses enkripsi terbaru dan setiap transaksi data diwajibkan melewati proses otentikasi yang ketat.

Untuk memastikan keamanan data, SAM Element juga mewajibkan seluruh pengembang yang menjadi mitra untuk wajib dan tunduk pada standar keamanan yang telah ditetapkan perusahaan.

SAM Element juga menyediakan modul konektivitas yang siap digunakan dan diintegrasikan dengan IoT, mulai dari konektivitas untuk jaringan Mesh, LTE, LORA, WIFI, dan beberapa jaringan lainnya.

"SAM Element percaya bahwa setiap kesuksesan mitra merupakan kesuksesan SAM Element. Oleh karena itu, SAM Element menempatkan dukungan teknik sebagai satu hal penting dalam membangun bisnis berkelanjutan. Dengan dukungan teknik, SAM Element ingin memastikan mitra mendapatkan layanan yang maksimal," imbuh Rudy.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again