8 January 2015

by Yoga Wisesa

Sambut IM5, Smartphone Android Pertama Buatan Kodak

Terkenal akan produk-produk film foto dan solusi imaging, Eastman Kodak Company ialah salah satu perusahaan paling tua di bidangnya serta pernah merajai pasar. Mereka sempat berjuang mati-matian menghadapi masalah finansial, muncul kembali ke permukaan, lalu baru-baru ini mengumumkan kesiapan mereka untuk turut berkecimpung di lini mobile device.

Sesuai rencana Kodak, perangkat tersebut melakukan debutnya di ajang Consumer Electronics Show 2015. Diberi nama IM5, kehadirannya menjadi tanda bahwa Kodak akhirnya setuju bermanuver di pasar yang lebih luas. Kodak IM5 adalah smartphone bertenaga Android, diracik berpedoman pengalaman mereka di dunia imaging selama ratusan tahun, dan fokus pada kemampuan fotografinya.

IM5 dijanjikan dapat menyuguhkan proses yang ringkas dan sederhana, entah itu saat mengabadikan momen, menyimpan, men-sharing hingga mencetak foto. Primadona dari keseluruhan handset ini tentu saja ialah kameranya. Diklaim memaksimalkan sensor berukuran 13-megapixel di dalam dikombinasi software pengelolaan gambar unik, pengambilan dan pengolahan foto bisa dilakukan hanya dengan beberapa kali sentuhan di layar.

Smartphone tersebut bukan murni ciptaan Kodak. Demi merancangnya, mereka berkolaborasi dengan produsen consumer electronics dan telepon seluler asal Inggris, Bullitt Group. Menurut Kodak, salah satu alasan mereka menciptakan IM5 adalah karena banyak dari kamera smartphone modern yang terlalu rumit diakses dan digunakan.

 

Info menarik: Gandeng Bullitt Group, Kodak Siap Terjun ke Pasar Smartphone Android

 

"Itulah mengapa kami berpartner [dengan Bullitt Group] untuk membuat IM5, sebuah perangkat di jajaran smartphone pertama yang mengambil warisan dan pengalaman kami dalam teknologi fotografi, dipadu keahlian Bullitt dalam mendesain perangkat berkualitas tinggi," tutur VP Brand Licensing Kodak, Eileen Murphy, via press release.

Oliver Schulte selaku CEO Bullitt Mobile berpendapat, IM5 merupakan smartphone khusus konsumen yang menghargai nilai dan profesionalisme brand Kodak. Belum ada info soal ukuran dimensi spesifik, namun IM5 menyuguhkan layar full-HD 5-inci. Body sedikit mengingatkan pada iPhone 5, ada logo Kodak dan modul kamera di pojok kiri atas.

Tanpa menyebutkan pemasok system-on-chip-nya, Kodak IM5 ditenagai prosesor octa-core 1,7GHz (boleh jadi besutan MediaTek), 1GB RAM, penyimpanan internal 16GB (ekspansi via Micro SD, maksimal 32GB) serta ada kamera depan 5-Mp. Buat sekarang, ia masih berjalan di platform Android 4.4.4 KitKat ditambah user interface custom build. Kodak mengatakan handset akan mendapatkan upgrade ke Lollipop di waktu ke depan.

Harga tidak disebutkan dalam press release, namun GSM Arena menuliskan Kodak IM5 dibanderol senilai € 229 atau US$ 249, mendarat di Eropa terlebih dulu bulan Maret 2015.

Sumber: PRNewswire.com.