Categories

Gadget

Samsung 3D Cinema LED Diklaim Dapat Mengatasi Masalah-Masalah yang Kita Jumpai di Bioskop 3D

Antara lain layar yang terlihat redup, resolusi yang kurang tajam dan rasa pusing selama menonton

Glenn Kaonang - 8 February 2018

Oktober lalu, Samsung meresmikan sebuah bioskop di Thailand yang menggunakan layar Cinema LED buatan mereka, menjadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Cinema LED istimewa karena ukurannya tidak kalah besar dibanding layar bioskop biasa, akan tetapi kualitas gambarnya lebih superior ketimbang menggunakan proyektor tradisional.

Menurut Samsung, mereka yang sudah merasakan kecanggihan Cinema LED di depan matanya berkomentar bahwa sensasinya serasa menonton film 3D. Tentu saja kesan ini hanya sebatas ilusi, akan tetapi bisa terasa berkat kualitas gambar Cinema LED yang memang di atas rata-rata.

Sekarang, Samsung berniat mengubah ilusi tersebut menjadi kenyataan lewat 3D Cinema LED. Sekali lagi Samsung ingin menjabarkan keunggulan 3D Cinema LED dibanding bioskop 3D biasa, dan ini berkaitan dengan dua faktor yang sangat penting untuk sebuah display: tingkat kecerahan dan resolusi.

Samsung mengatakan bahwa bioskop 3D selama ini harus berkompromi soal kecerahan dan resolusi. Layarnya tidak cukup terang, dan ini semakin diperparah dengan diharuskannya penonton menggunakan kacamata 3D, sehingga sensasinya jadi seperti menonton menggunakan kacamata hitam. Problemnya tidak berhenti sampai di situ saja, sebab resolusinya juga turun ketika banyak terjadi crosstalk (gambar untuk mata kiri dan kanan 'bertubrukan').

3D Cinema LED dirancang untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Layar dipastikan tetap terang meski dilihat dari balik kacamata 3D, dan resolusinya bisa dipertahankan berkat algoritma khusus untuk mengeliminasi crosstalk. Sebagai bonus, crosstalk yang minim ini juga membantu mengurangi rasa pusing yang terjadi ketika menonton film 3D.

Selebihnya, 3D Cinema LED masih mempertahankan segala kelebihan Cinema LED standar, utamanya distorsi yang minim meskipun penonton duduk di sisi kiri atau kanan teater. Sebelum diimplementasikan ke bioskop, 3D Cinema LED saat ini tengah dipamerkan di event Integrated Systems Europe yang dihelat di kota Amsterdam.

Sumber: Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter