20 September 2017

by Glenn Kaonang

Tombol Bixby pada Samsung Galaxy S8 dan Note 8 Kini Dapat Dinonaktifkan

Namun Anda tetap tidak bisa mengganti fungsinya untuk membuka aplikasi lain

Tak bisa dipungkiri, Samsung Galaxy S8 merupakan salah satu smartphone terbaik di tahun 2017. Tentunya tidak akan pernah ada smartphone yang benar-benar sempurna, dan Galaxy S8 pun tidak luput dari fakta tersebut. Kekurangan utamanya, menurut banyak pengguna, termasuk sejumlah teman saya yang memilikinya, adalah penempatan sensor sidik jari dan kehadiran tombol ekstra di sebelah kiri handset.

Tombol yang saya maksud adalah tombol untuk mengaktifkan asisten virtual Bixby. Premisnya sederhana: tekan tombol untuk membuka Bixby Home, atau tekan dan tahan untuk membuka Bixby Voice. Namun yang menjadi masalah adalah, tidak semua pengguna mau memakai Bixby.

Salah satu alasannya adalah karena Bixby dinilai masih belum sepandai Google Assistant. Hal ini wajar mengingat Bixby baru saja menjalani debutnya bersama Galaxy S8, sedangkan Google Assistant sudah ditugaskan sejak tahun lalu, dan ia sendiri merupakan evolusi dari Google Now.

Google Assistant sendiri tersedia di banyak smartphone Android, dan itulah mengapa banyak pengguna Galaxy S8 yang lebih memilihnya ketimbang Bixby. Alhasil, tombol ekstra tadi jadi tidak ada gunanya sama sekali, apalagi mengingat Samsung tidak memperbolehkan pengguna untuk mengganti fungsinya.

Sebelum ini sempat muncul sejumlah aplikasi di Play Store yang memungkinkan pengguna untuk mengubah fungsi tombol Bixby agar dapat dijadikan shortcut ke aplikasi apa saja, termasuk halnya Google Assistant. Sayangnya Samsung tidak suka dengan ide tersebut, dan mereka dengan cepat memblokir sebagian besar aplikasi yang ada.

Tak hanya Galaxy S8, Note 8 yang baru dirilis pun juga dilengkapi tombol Bixby yang sama. Mungkin karena menerima komplain dari banyak konsumen, Samsung akhirnya memutuskan untuk mengubah aturan main seputar Bixby dan tombol dedicated-nya ini.

Tampilan opsi baru untuk menonaktifkan tombol Bixby pada Bixby Home / SamMobile

Lewat update terbaru, pengguna akan menjumpai opsi baru di bagian atas Bixby Home yang memungkinkan mereka untuk menonaktifkan tombol Bixby, yang berarti tidak akan terjadi apa-apa meski Anda menekan tombol tersebut berkali-kali. Ini merupakan kabar baik bagi pengguna yang tidak memakai Bixby dan kerap menekan tombol tersebut tanpa sengaja.

Namun perlu dicatat, Bixby bukannya bakal pergi meninggalkan Anda begitu saja. Bixby Home masih bisa diakses di halaman paling kiri home screen, sedangkan Bixby Voice sendiri masih bisa dipanggil dengan menekan dan menahan tombol tersebut. Opsi baru ini hanya meniadakan kemampuan mengakses Bixby Home dengan menekan tombolnya.

Seperti biasa, update ini sepertinya sedang diluncurkan secara bertahap sehingga kemungkinan besar belum semua pengguna Galaxy S8 maupun Note 8 menjumpai opsinya.

Sumber: SamMobile.