Samsung C-Lab Siap Pamerkan 3 Proyek Berbasis AI di SXSW 2018

Samsung C-Lab Siap Pamerkan 3 Proyek Berbasis AI di SXSW 2018

Urut dari yang paling menarik (menurut saya): Toonsquare, GADGET dan Aurora
Toonsquare / Samsung C-Lab
Toonsquare / Samsung C-Lab

Beberapa tahun silam, sebagian dari kita mungkin sama sekali belum mengenal istilah artificial intelligence (AI). Sekarang, jargon tersebut sudah tidak terdengar asing lagi mengingat hampir semua perusahaan teknologi begitu gencar bereksperimen dengannya, termasuk halnya divisi eksperimental Samsung, C-Lab.

Di event SXSW yang akan digelar pada tanggal 11 sampai 14 Maret mendatang, Samsung C-Lab bakal memamerkan tiga proyek AI yang cukup menarik, yakni Toonsquare, Aurora dan GADGET.

Toonsquare

Buat saya Toonsquare ini yang paling menarik. Ia pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi untuk membuat semacam komik strip kartun, namun tentu saja dengan twist berbumbu AI, di mana yang perlu kita lakukan hanyalah mengetikkan sejumlah teks saja.

AI bertugas menerjemahkan teks tersebut menjadi ekspresi wajah maupun bahasa tubuh dari karakter kartun yang dibuat. Penampilan karakternya sendiri bisa berdasar pada wajah pengguna, lalu elemen-elemen pendukung seperti background, jenis font dan speech bubble bisa dikustomisasi sesuai selera.

GADGET

Samsung C-Lab GADGET

Dari gambar di atas, kenapa tulisan “AD”-nya dalam warna yang berbeda? Apalagi kalau bukan karena kaitannya dengan dunia periklanan. GADGET sejatinya merupakan sebuah platform iklan untuk game, dirancang untuk menjadi alternatif dari iklan pop-up yang menyebalkan.

Game yang memanfaatkan platform ini bisa menampilkan iklan sebagai native object, semisal yang muncul di baliho di dunia dalam game. Mekanismenya kurang lebih sama seperti yang diterapkan Advrty, yang mengembangkan platform native advertising untuk medium VR.

Aurora

Samsung C-Lab Aurora

Paling biasa kalau menurut saya, Aurora sederhananya mengombinasikan aplikasi dan sebuah unit docking untuk menampilkan asisten virtual secara visual. Karakter 3D ini sepintas tampak seperti hologram, dan sebagai bonus, unit docking-nya juga berfungsi sebagai wireless charger.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…