3 January 2017

by Glenn Kaonang

Samsung Perkenalkan Monitor Gaming Berteknologi Quantum Dot

Ideal untuk era kebangkitan video HDR sekarang, apalagi dengan layar berdesain melengkung

Masih ingat dengan istilah "Quantum Dot"? Istilah ini sempat menjadi buah bibir di ajang CES 2015 dua tahun silam, dan disebut-sebut sebagai masa depan teknologi display, menjadi alternatif yang lebih terjangkau ketimbang panel layar berteknologi OLED.

Sekadar mengingatkan, Quantum Dot banyak menuai pujian karena performanya bisa mendekati panel OLED, namun di saat yang sama ongkos produksinya jauh lebih kecil dan setara panel LCD biasa. Sederhananya, TV atau monitor Quantum Dot adalah TV atau monitor LCD, namun dengan reproduksi warna yang lebih akurat daripada panel LCD biasa sehingga ideal di era kebangkitan video HDR sekarang.

Dua tahun sejak istilah Quantum Dot pertama dikenal publik, Samsung sekarang sudah siap meluncurkan monitor gaming-nya yang dibekali teknologi ini. Samsung CH711 Quantum Dot hadir dalam dua varian, 27 dan 31,5 inci, masing-masing dengan desain melengkung yang sudah terbukti sanggup meningkatkan kesan immersive.

Penampilan Samsung CH711 Quantum Dot terlihat bersih dengan kabel yang tersembunyi di dalam stand / Samsung

CH711 mempunyai viewing angle seluas 178 derajat, memastikan konten bisa dilihat dari segala sudut, kecuali di belakangnya tentu saja. Resolusinya berada di angka 2560 x 1440 pixel, dengan dukungan spektrum warna RGB hingga 125 persen.

Posisinya bisa disesuaikan baik secara horizontal maupun vertikal, menambah kenyamanan dalam menonton atau bermain game. Tidak kalah menarik adalah penempatan port yang cerdik, sehingga kabel bisa tersembunyi di dalam stand dan membuat penampilannya secara keseluruhan jadi lebih bersih.

Samsung CH711 Quantum Dot sebentar lagi akan dipamerkan di ajang CES 2017. Banderol harganya belum diungkapkan, tapi Samsung berencana untuk memasarkannya pada awal tahun 2017 ini.

Sumber: Samsung.