5 January 2017

by Bambang Winarso

Dua Chromebook Besutan Samsung Resmi Disibak

Chromebook Pro dan Chromebook Plus mempunyai layar 12,3 inci beresolusi 2400x1600 dan RAM 4GB

Gelaran CES 2017 dihujani berbagai produk dari kategori yang beragam, mulai dari mobil, kulkas, robot, sisir pintar, hingga sikat gigi. Di antara padatnya peserta, Samsung tak mau ketinggalan pesta dengan ikut mengumumkan produk-produk baru, di antaranya adalah dua laptop chromebook bernama Chromebook Pro dan Chromebook Plus.

Kehadiran perangkat Chromebook dari Samsung bukanlah kabar mengejutkan. Beberapa saat yang lalu rumor soal varian Pro sudah ramai berhembus, kendati tenggelam oleh semaraknya rumor ponsel Galaxy. Hanya soal waktu sebelum Samsung benar-benar merealisasikan perangkat Chromebook kreasinya, dan kini Chromebook Pro dan Plus akhirnya resmi tiba. Kedua Chromebook mengemas layar beresolusi 2.400 x 1.600 piksel, sudut 360 derajat sehingga bisa dilipat menjadi tablet, dan yang paling wah, keduanya mendukung akses ke Google Play Store sebagai kejutan.

Yap, berkolaborasi dengan pengembang Google, Samsung meracik Chromebook pertama yang dirancang untuk melahap aplikasi-aplikasi Android. Di dalamnya termasuk dukungan stylus, akselerometer, dan menu konteks untuk menjembatani pengguna laptop dan mobile.

Di sisi hardware, Chromebook Pro (XE510C24-K01US) dan Chromebook Plus (XE513C24-K01US) punya sedikit perbedaan.

Chromebook Pro ditenagai prosesor Intel Core M3 Processor 6Y30 plus dukungan grafis Intel HD Graphics 515, RAM 4GB LPDDR3 dan memori seluas 32GB. Di bagian terluar mengemas layar 12.3 inci beresolusi 2400x1600 LED Display plus dukungan Touch Screen Panel.

Mengusung sistem operasi Google Chrome, laptop membawa dukungan koneksi nirkabel WiFi 802.11 ac (2x2) dan Bluetooth v4.0, kemudian beberapa port, antara lain port Headphone out/Mic-in Combo, 2 USB tipe-C, 4K display out, MicroSD Multi-media Card Reader.

Sementara itu, varian Plus mengandalkan chipset OP1, Made for Chromebooks yang mempunyai prosesor hexa-core (Dual A72, Quad A53). Masih dengan Google Chrome OS, perangkat mempunyai grafis internal terintegrasi, RAM 4GB dan memori seluas 32GB. Selain rincian ini, Chromebook Plus mempunyai spek yang sama dengan varian Pro.

Kedua model mendapatkan komponen baterai yang sama yang diklaim mampu bertahan selama 8 jam pemakaian normal. Samsung dalam rilis resminya baru membeberkan harga untuk model Plus yang dibanderol $449 dan akan mulai dipasarkan di bulan Februari mendatang.

Sumber berita Samsung.