Dibanderol Mulai $230, Samsung Chromebook 4 Tawarkan Fungsionalitas Tanpa Terlalu Banyak Gimmick

Dibanderol Mulai $230, Samsung Chromebook 4 Tawarkan Fungsionalitas Tanpa Terlalu Banyak Gimmick

Tidak ada layar sentuh ataupun stylus, hanya perangkat Chrome OS dengan dukungan aplikasi Android dan Google Assistant secara default
Samsung Chromebook 4 / Samsung
Samsung Chromebook 4 / Samsung

Tidak seperti dulu, opsi Chromebook yang tersedia di pasaran saat ini cukup beraneka ragam. Ada yang mengemas layar sentuh, ada yang berwujud convertible, tapi tetap ada juga yang sebatas menawarkan fungsionalitas Chrome OS tanpa gimmick tambahan dalam harga yang sangat kompetitif.

Salah satu yang terbaru adalah Samsung Chromebook 4. Hadir dalam dua varian ukuran, perangkat ini merupakan alternatif yang tepat bagi konsumen yang tidak membutuhkan layar sentuh maupun stylus milik Chromebook Plus.

Samsung Chromebook 4

Secara fisik, kedua varian Chromebook 4 ini mengadopsi gaya desain industrial yang simpel, fungsional, sekaligus memenuhi standar ketahanan militer. Varian yang pertama mengemas layar 11,6 inci beresolusi 1366 x 768, sedangkan varian keduanya (Chromebook 4+) memiliki layar 15,6 inci beresolusi 1080p. Layar yang lebih besar ini rupanya juga ditemani oleh bezel yang jauh lebih tipis.

Keduanya sama-sama ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000, sedangkan RAM-nya bisa dipilih antara 4 GB atau 6 GB LPDDR4. Storage internalnya juga tersedia dalam dua pilihan: 32 GB atau 64 GB, sama-sama bertipe eMMC, dan sama-sama didampingi oleh slot microSD untuk ekspansi.

Samsung Chromebook 4+ dengan layar lebih besar dan bezel lebih tipis / Samsung
Samsung Chromebook 4+ dengan layar lebih besar dan bezel lebih tipis / Samsung

Terkait konektivitas, kedua varian Chromebook 4 ini sama-sama dilengkapi port USB-C untuk charging, transfer data maupun menyambungkan monitor 4K. Varian 11,6 incinya cuma punya satu port USB-C, sedangkan varian 15,6 incinya punya sepasang, masing-masing di sebelah kiri dan kanan.

Di samping USB-C, satu port USB-A juga hadir sebagai pelengkap di kedua varian, demikian pula jack headphone dan mikrofon. Urusan baterai, varian 11,6 incinya lebih unggul dengan ketahanan sampai 12,5 jam pemakaian, sedangkan varian 15,6 incinya cuma sampai 10,5 jam. Ini dikarenakan kapasitas baterai yang diusung keduanya sama persis, yakni 39 Wh.

Juga menarik adalah fakta bahwa kedua varian Chromebook 4 ini kompatibel dengan aplikasi-aplikasi Android secara default, serta datang membawa integrasi Google Assistant. Samsung saat ini sudah memasarkannya dengan harga mulai $230 untuk Chromebook 4, dan mulai $300 untuk Chromebook 4+.

Sumber: The Verge dan Samsung.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…