9 October 2012

by Andi Miftachul

Samsung dan Google Persiapkan Tablet 10 Inchi

Untuk melengkapi tablet seri Nexus yang ada di pasarkan, Google dikabarkan akan menjalin kerja sama dengan Samsung untuk membuat tablet dengan layar 10 inchi. Tablet ini akan melengkapi tablet Google Nexus 7 yang telah ada di pasaran dan tablet seharga 99 dollar Amerika yang sedang direncanakan.

Jika dua tablet sebelumnya merupakan low-end tablet, tablet 10 inchi yang akan dibuat Samsung ini merupakan tablet high-end. Soal resolusi layar, tablet ini disebut-sebut akan mengalahkan tablet iPad generasi ketiga. iPad generasi ketiga dengan Retina display mempunyai lebar layar 9.7 inchi dengan resolusi 2.048 x 1.536 atau sekitar 264 PPI (piksel per inchi), sedangkan tablet Nexus 10.1 inchi yang direncanakan ini akan mempunyai resolusi 2.560 x 1.600 atau sekitar 299 PPI.

Dua tablet Nexus sebelumnya dikembangkan oleh Google bekerja sama dengan Asus. Kerja sama dengan Samsung ini mempererat kerja sama antara Samsung dan Google. Sebelumnya kerja sama dengan Samsung telah dilakukan untuk membuat smartphone Nexus.

Keluarnya tablet 10 inchi dari Google ini akan meningkatkan persaingan tablet di semua level. Di level high-end, selain ada iPad dari Apple juga telah ada Samsung Galaxy Tab. Di level low-end hingga mid-end, selain Nexus 7, juga ada Kindle dari Amazon. Di level ini, Apple juga berencana untuk mengeluarkan tablet iPad mini.

Sumber : CNET. Sumber Gambar : Digital Trends.