24 October 2017

by Glenn Kaonang

Samsung Hadirkan Dukungan OS Linux pada Aksesori DeX

Bukan sekadar Android dengan tampilan desktop, tapi benar-benar distro Linux versi penuh

Masih ingat dengan Samsung DeX, semacam docking khusus yang tugasnya mengubah tampilan sistem operasi milik Galaxy S8 menjadi mirip perangkat desktop di sebuah layar eksternal? Samsung awalnya mungkin tidak menyangka produk ini bakal sukses, tapi mereka kini sudah menyiapkan langkah selanjutnya untuk DeX.

Langkah itu datang dalam wujud Linux on Galaxy, sebuah aplikasi yang dirancang agar smartphone dapat menjalankan berbagai OS berbasis Linux. Dikombinasikan dengan DeX, ini berarti pengguna dapat mengakses tampilan desktop OS Linux hanya dengan memakai ponselnya saja.

Jadi kapan pun pengguna perlu mengakses fungsi yang tidak tersedia di Android, mereka tinggal menjalankan aplikasi Linux on Galaxy, lalu menancapkan ponsel di atas DeX untuk menjalankan program apapun yang mereka perlukan dengan bantuan mouse dan keyboard.

Evolusi DeX dan dukungan Linux ini memang lebih ditujukan buat kalangan developer, dan Samsung saat ini masih dalam tahap menyempurnakan berbagai aspek Linux on Galaxy. Di sisi lain, Samsung tak lupa mengembangkan potensi DeX untuk keperluan lain yang tak kalah penting, yaitu gaming.

Bekerja sama dengan sejumlah developer, Samsung berhasil mengintegrasikan fungsi gaming pada DeX. Ini berarti ke depannya game seperti Vainglory atau Final Fantasy XV Pocket Edition dapat dimainkan menggunakan mouse dan keyboard, selagi ponsel menancap di atas DeX dan tersambung ke sebuah monitor.

Sumber: Samsung.