Samsung dikabarkan sedang menggarap ponsel dengan layar yang dapat dilipat. Rumor ini sudah lama berhembus namun kembali dipertegas dengan adanya bocoran paten teknologi yang bersangkutan belum lama ini. Tidak ada berita tentang bagaimana rupa dari smartphone tersebut, tapi rumor mengatakan ponsel dikembangkan di bawah Project Loire. Laporan terbaru menunjukkan bahwa Samsung mungkin meluncurkan ponsel tersebut di bawah generasi baru bernama, Galaxy X.

Dalam rumor terbaru, dua smartphone bernama Galaxy X1 dan Galaxy X1 Plus merebak luas di dunia maya, di mana keduanya dikait-kaitkan dengan proyek ponsel pintar yang bisa dilipat kreasi Samsung. Merebak melalui Weibo, kedua smartphone menggunakan nomor model ‘SM-X9000’ dan ‘SM-X9050’. Kedua perangkat juga dipastikan berjalan dengan sistem operasi Android, bukan Tizen seperti yang dikhawatirkan sejumlah pengamat.

galaxy x1

Laporan lain dari AndroidSoul menunjukkan bahwa kedua ponsel sudah berada dalam fase pengujian di Tiongkok. Situs yang sama juga menunjukkan bahwa Galaxy X1 akan mengoperasikan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow, sedangkan Galaxy X1 Plus lebih menjanjikan dengan Android Nougat.

Paten yang diajukan oleh Samsung menunjukkan bahwa Galaxy X bakal membawa fitur layar fleksibel atau layar kedua yang akan menyala saat smartphone dilipat. Desas-desus lain menyebutkan bahwa Samsung bakal menjajal resolusi 4K di kedua ponsel pintar ini, plus pemindai iris, pemindai sidik jari dan wajah serta ototentikasi palm pattern.

Informasi lain menunjukkan bahwa Samsung kemungkinan bakal mengumumkan kedua ponsel pintar ini di Q3 dan Q4 2017.

paten ponsel layar lipat

Sumber gambar headerĀ Pixabay.