Categories

Mobile

Samsung Dikabarkan Sedang Menguji Smartphone Murah Berbasis Windows Phone 8.1

Bambang Winarso - 12 January 2015

Bicara perkara smartphone Android, Samsung adalah rajanya. Namun di segmen smartphone Windows Phone, Samsung terbilang tak punya gigi. Untuk mengubah hal itu perusahaan asal Korea Selatan ini diberitakan sedang bersiap kembali meluncurkan perangkat berbasis Windows Phone 8.1 dengan harga terjangkau.

Kabar yang bersumber dari orang dalam Samsung, seperti yang dikutip dari Phonearena, mengatakan bahwa program pilot sudah dimulai oleh Samsung dalam upaya untuk menguji stabilitas piranti lunak dan perangkat yang akan membawanya.

Lebih lanjut sumber yang sama mengatakan bahwa di tahun 2015 ini Samsung akan fokus ke sistem operasi Tizen yang notabene hasil kembangan mereka sendiri. Namun platform ini baru akan menyasar perangkat televisi, bukan mobile.

 

Info Menarik:Aplikasi Terbaik Windows Phone di 2014 yang Mungkin Anda Lewatkan

 

Itu sebabnya dengan menjalankan program pilot menggunakan Windows Phone 8.1, Samsung berharap dapat meluaskan cakupan pasar mulai dari perangkat low, mid hingga high-end.

Namun rencana besar Samsung ini berpotensi mentah dan gagal total sebab perusahaan pembesut Galaxy S5 ini masih terlibat perseteruan hukum dengan Microsoft yang notabene adalah pemegang lisensi sistem operasi Windows Phone.

Perseteruan keduanya saat ini sedang berlangsung alot di pengadilan, lanjut tidaknya proyek perangkat murah berbasis Windows Phone akan sangat dipengaruhi oleh keputusan final hakim.

Samsung dan Microsoft berseteru soal pembayaran lintas lisensi, dimana pihak Microsoft menuntut Samsung sebesar $6,9 juta atas bunga keterlambatan pembayaran fee lisensi sebesar $1 miliar.

 

Info Menarik: Aplikasi Windows Phone Pilihan 5 – 11 Januari 2015

 

Keduanya diketahui terikat dalam perjanjian lintas lisensi pada tahun 2011, namun Samsung kemudian berkilah bila mereka membayar royalti tersebut maka akan melanggar aturan anti-trust menyusul pembelian Nokia oleh Microsoft.

Dengan kondisi di atas sepertinya perangkat baru Samsung berbasis Windows Phone 8.1 masih sangat jauh dari kenyataan. Samsung sendiri terakhir kali meluncurkan perangkat Windows Phone pada tahun lalu lewat Samsung Ativ SE di tahun 2014 lalu.

Sumber berita PhoneArena, KoreaTimes dan gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter