Categories

Gadget

Samsung Dilaporkan Telah Selesai Merevisi Galaxy Fold

Andalkan rancangan engsel dan pelapis layar baru guna menanggulangi problem display versi sebelumnya

Glenn Kaonang - 4 July 2019

Seberapa penting mempersilakan reviewer menguji suatu produk teknologi sebelum mulai memasarkannya ke konsumen? Sangat penting, dan itu sudah dibuktikan oleh Samsung lewat foldable phone perdananya, Galaxy Fold. Selang beberapa minggu setelah peluncurannya, sejumlah reviewer yang mengujinya menemui masalah perihal display-nya.

Sejak itu Samsung langsung menunda perilisan Galaxy Fold. Mereka memutuskan untuk membenahi sejumlah elemen yang berpotensi menjadi masalah, dan berdasarkan laporan terbaru dari Bloomberg, Samsung sudah berhasil memperbaiki kekurangan Galaxy Fold yang berujung pada problem seputar display tersebut.

Bagian terpenting yang dibenahi adalah sejenis film yang menjadi pelapis terluar layar Galaxy Fold. Pada versi barunya, lapisan film ini membungkus permukaan layar secara keseluruhan berdasarkan info dari narasumber anonim Bloomberg yang melihat perangkatnya secara langsung.

Ini sangat berbeda dari versi lamanya yang sempat diuji oleh para reviewer. Di versi lamanya itu, lapisan filmnya tidak menutupi seluruh permukaan layar, sehingga sebagian besar reviewer mengiranya sebagai sebuah screen protector dan berniat melepasnya dengan mengupas bagian ujungnya. Akibatnya ternyata fatal, sebab ternyata fungsi lapisan film itu bukan sebatas untuk melindungi layar dari goresan saja.

Bagian lain yang ikut direvisi adalah engselnya, yang kini lebih menonjol ke atas, sehingga posisinya jadi rata dengan layar. Rancangan seperti ini diyakini bisa membantu memperluas cakupan lapisan film itu tadi ketika ponsel sedang dalam posisi terbuka lebar layarnya, serta membantu mengurangi risiko munculnya ceruk di bagian tengah layar seiring berjalannya waktu.

Kembali ke pertanyaan di awal, pengalaman para reviewer ini jelas amat krusial buat Samsung. Jauh lebih baik mereka yang menjumpai masalah lebih dulu ketimbang kalau perangkatnya sudah tiba di tangan konsumen sebelum direvisi. Lebih penting lagi karena Galaxy Fold mengadopsi teknologi yang benar-benar baru di industri smartphone.

Laporan dari Bloomberg menambahkan bahwa Samsung kini sudah siap mendistribusikan komponen-komponen utama Galaxy Fold untuk dirakit. Kendati demikian, jadwal pemasaran barunya masih belum ditetapkan. Kecil kemungkinan Samsung bakal merilisnya di event Unpacked pada tanggal 7 Agustus mendatang, sebab event tersebut setiap tahunnya selalu disiapkan untuk menyingkap generasi baru Galaxy Note.

Sumber: Bloomberg.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter