Categories

Mobile

Samsung Umumkan Modem 5G, Exynos 5100 Modem

Samsung Exynos 5100 Modem dipastikan bakal mulai tersedia di penghujung tahun 2018 ini

Bambang Winarso - 16 August 2018

Kedatangan teknologi jaringan 5G sepertinya kian sulit dibendung, meskipun penyerapan 4G di seluruh dunia belum merata 100%. Beberapa perusahaan memang sudah menyatakan kesiapannya menyambut generasi kelima jaringan nirkabel itu. Tapi hanya beberapa yang menunjukkan progress nyata. Samsung jadi yang terdepan setelah secara resmi mengumumkan modem 5G pertamanya, Exynos 5100 Modem.

Modem chip tunggal baru yang dibangun dengan proses fabrikasi 10nm ini memiliki dukungan untuk komunikasi multi-mode dan tingkat efisiensi yang tinggi. Ia sepenuhnya kompatibel dengan Generation Partnership Project atau 3GPP Release 15, spesifikasi standar terbaru untuk 5G New Radio or 5G-NR. Dan di saat bersamaan, modem juga mendukung teknologi radio lawas termasuk 4G, LTE, 3G dan 2.5G.

Dalam hal kecepatan, Samsung mengklaim modemnya mampu berlari dengan kecepatan unduh hingga 2Gbps dalam pengaturan sub-GHz dan 6Gbps dalam pengaturan mmWave, sedangkan untuk jaringan 4G mencapai kecepatan unduhan di 1.6Gbps.

Samsung juga menceritakan bagaimana proses pengujian kecepatan dilakukan. Dijelaskan, mereka telah berhasil melakukan uji 5G-BR melalui udara dalam lingkungan nirkabel menggunakan stasiun 5G dan smartphone 5G dengan Exynos Modem 5100.

Pengujian ini bertindak sebagai simulasi lingkungan jaringan seluler di dunia nyata dan diharapkan dapat membantu mempercepat pengembangan dan komersialisasi smartphone yang mengadopsi modem ini. Samsung mengatakan bahwa mereka bekerja dengan banyak operator seluler global dan mitra untuk segera menghadirkan jaringan 5G komersial ke pasar.

Kabar baiknya, modem Exynos 5100 dipastikan bakal tersedia bagi konsumen di akhir tahun 2018 mendatang. Artinya, di tahun 2019 mendatang kita sangat mungkin sudah bisa menjumpai produk akhir yang menawarkan teknologi 5G di dalamnya.

https://www.youtube.com/watch?v=_GMMtMKYH2A

Sumber berita Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter