12 March 2020

by Lukman Azis

Samsung Galaxy A01 Hadir di Indonesia, Harganya di Bawah Satu Setengah Juta

Samsung Galaxy A01 adalah suksesor dari Galaxy J2 Prime

Samsung telah resmi mengumumkan kehadiran Samsung Galaxy A01 di Indonesia. Smartphone entry-level ini menyasar generasi Z dan dibanderol dengan harga Rp1.499.000. Mungkin kalian bertanya-tanya, bukankah Samsung sudah punya smartphone sejutaan Galaxy A10s?

Smartphone dengan harga dibawah satu setengah sejuta adalah kata kuncinya. Menurut Irfan Rinaldi sebagai Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, pasar segmen ini sangat besar dan amat sensitif terhadap perbedaan harga. Sebagai pembanding, Galaxy A10s saat ini dijual seharga Rp1.685.000.

"Samsung Galaxy A01 membawa tagline satu untuk sejuta gaya, untuk mereka generasi Z yang baru pertama kali beli smartphone atau dibeliin smartphone oleh orangtuanya. Serta, untuk mereka yang menggunakan smartphone Galaxy J series yang lama agar bisa upgrade ke Galaxy A01 ini", ungkap Irfan Rinaldi.

Bisa dibilang, smartphone ini merupakan suksesor dari Galaxy J2 Prime yang populer di masanya. Selain itu, Galaxy A01 ini tidak hanya fokus dipasarkan di kota-kota besar melainkan akan didistribusikan seluas dan sedalam mungkin sampai ke tingkat kabupaten.

Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy A01

Isi paket penjualan Galaxy A01 standar saja, unit smartphone-nya, kepala charger, dan kabel data microUSB. Namun, yang spesial ialah Samsung menghadirkan harga khusus untuk paket Telkomsel Galaxy Plan bagi para pengguna Galaxy A01, di mana konsumen bisa mendapatkan paket tersebut dengan kuota internet 4GB seharga Rp32.000 per bulan selama setahun dari harga normal Rp63.000 per bulannya.

Smartphone ini hadir dengan warna hitam dan biru, serta warna merah yang akan hadir mulai bulan April 2020. Ada tiga keunggulan yang ditawarkan oleh Galaxy A01, pertama dari segi dimensi yang ringkas dengan layar Infinity-V 5,7 inci HD+ sehingga bisa dengan mudah digenggam tangan dan tampil modern dengan notch.

Soal kelengkapan atributnya, tombol power dan SIM tray ditempatkan di sisi kanan, serta tombol volume di sisi sebrangnya. Jack audio 3,5mm berada di atas, sedangkan port microUSB dan mikrofon di bawah. Untuk speaker, bisa ditemui di belakang body smartphone.

Lalu, kedua kameranya ini yang mendukung sejuta gaya. Kamera belakangnya ada dua, 13MP dan 2MP sebagai depth sensor untuk fitur live focus sehingga pengguna bisa menyesuaikan efek blur sebelum dan sesudah foto diambil. Kamera depannya 5MP untuk selfie maupun sistem pengaman face recognition, sebab smartphone ini tak punya sensor fingerprint.

Ketiga, perangkat ini sudah berjalan di sistem operasi Android 10 terbaru dengan antarmuka One UI versi 2.0 seperti yang terdapat pada smartphone Samsung kelas menengah dan premium. Dengan tampilan yang simple dan navigasi yang dapat dioperasikan dengan satu tangan.

Adapun dapur pacunya juga cukup powerful, Qualcomm Snapdragon 439. Sayang, kapasitas RAM dan penyimpanannya pas-pasan, masing-masing 2GB dan 16GB. Sebaiknya sisipkan micro SD untuk menyimpan segala file dan gunakan memori internal khusus untuk aplikasi.

Bagaimana pun juga Galaxy A01 adalah smartphone sejutaan yang essential, fitur dan spesifikasinya cukup menarik. Namun, dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar ber-smartphone. Seperti akses sosial media, browsing, streaming video, foto-foto, hingga bermain game ringan.