Categories

Gadget

Samsung Galaxy A30 dan Galaxy A50, Serba Jumbo Luar Dalam

Selain layar yang jumbo, smartphone seri A terbaru ini juga dibekali baterai jumbo

Bambang Winarso - 26 February 2019

Anda keliru jika beranggapan Samsung telah usai di ajang MWC 2019 dengan hanya melahirkan smartphone flagship,Galaxy S10 dan kawan-kawan. Faktanya, pabrikan asal Korea Selatan itu kembali memberi kejutan khususnya bagi para penggemar yang tak mampu menjangkau harga sang jagoan teratas tersebut.

Diplot untuk menyasar konsumen kelas menengah, Galaxy A30 dan Galaxy A50 resmi diperkenalkan ke publik, menjadi dua iterasi terkini dari seri Galaxy A yang memang harganya tak semahal seri Galaxy S.

Spesifikasi Samsung Galaxy A30

Samsung galaxy A30_1

Dibalut tiga warna pilihan hitam, putih dan biru, Samsung Galaxy A30 menawarkan tampilan apik melalui desain kaca 3D. Layarnya mengemas panel Super AMOLED yang sejak lama jadi ikon Samsung, dengan aspek rasio 19,5:9 seluas 6,4 inci. Jadi, yap ini adalah smartphone yang cukup lega untuk digengam.

Di bawah tudungnya yang lebar, Samsung Galaxy A30 mengandalkan nahkoda racikan sendiri, Exynos 7904 yang mengemas dua ARM Cortex-A73 1.8GHz dan 6 buah inti Cortex-153 1,6GHz bersama dengan RAM sebesar 3GB atau 4GB tergantung pilihan konsumen. Ruang simpan masing-masing pun dibedakan atas dua, 32GB dan 64GB masing-masing.

Samsung galaxy A30_rear

Di bagian punggung duduk dua buah kamera utama 16MP dengan aperture f / 1.7 dan yang lainnya mengemas sensor 5MP, f / 2.2 berlensa ultra wide. Sedangkan di bagian dahi menempel kamera depan 16MP dengan aperture f/2.0 dan fokus tetap. Kapasitas baterainya sendiri cukup besar, yakni 4.000mAh bersama dengan dukungan pengisian cepat 15W.

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

Beralih ke model Galaxy A50 yang tampaknya punya kelas satu tingkat lebih tinggi, ditandai dengan bekal dapur pacu yang satu level lebih baik, Exynos 9610 dengan 4x Arm Cortex-A73 core @ 2.3GHz + 4x Arm Cortex-A53 core @ 1.7GHz.

Menjadi cangkang pembukus prosesor, ada body kaca 3D yang menampilkan kesan mewah berkilau. Panel Super AMOLED juga menjadi andalan di bagian layar dengan ukuran lebar 6,4 inci dan aspek rasio yang sama dengan model Galaxy A30. Perangkat ini akan tersedia dalam dua varian: 4GB RAM + 64GB dan 6GB RAM + 128GB. Seperti sang adik, penyimpanan di Galaxy A50 ini juga dapat diperluas hingga 512GB melalui kartu microSD.

Samsung Galaxy A50

Faktor pembeda yang membuat Galaxy A50 lebih bergaya ada di bagian sensor sidik jari yang sudah mengikuti kebanyakan perangkat flagship, yaitu tertanam di dalam layar, tidak lagi di punggung atau di sisi perangkat.

Kamera Galaxy A50 juga lebih menonjol dengan konfigurasi lensa 25MP + 5MP dan 8MP masing-masing dengan aperture f/1.7, f/2.2 dan f/2.4. Fungsi ketiganya juga berbeda, jika yang pertama berperan sebagai kamera induk, dua lainnya bertugas menangkap kedalaman penginderaan dan sudut ultra-wide. Baterai yang sama, 4.000mAh juga menjadi daya bagi Galaxy A50 untuk tetap terjaga.

Samsung Galaxy A50_rear

Samsung sendiri belum buka suara soal banderol kedua perangkat barunya ini. Tetapi mereka mengonfirmasi bahwa keduanya akan mulai tersedia pada pertengahan Maret mendatang.

Sumber berita Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter