Sempat Muncul di Situs Resmi, Samsung Galaxy A6 Bukan Lagi Sebatas Rumor?

Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus sudah muncul dalam beberapa pemberitaan

Seri Galaxy A adalah jajaran smartphone Samsung di kelas menengah yang diluncurkan dalam beberapa model, A3, A5, A8 dan A9. Tapi, dalam beberapa pekan terakhir Samsung disebut sedang mengerjakan satu model lainnya, yakni Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus yang jika benar akan mengisi kekosongan antara A5 dan A8. Spesifikasi keduanya sempat tercium di FCC dan Geekbench meskipun belum mencakup semua komponen.

Kesiapan Samsung untuk meluncurkan model Galaxy A6 hampir mendekati klimaks setelah perangkat bersangkutan disebut sudah mejeng di situs resmi Polandia dengan nomor model SM-A605FN/DS.

SM-A605FN/DS disebut merupakan nomor model untuk model Samsung Galaxy A6. Sayangnya halaman tersebut tak menampilkan spesifikasi perangkat. Sekarang halaman itu sudah tidak bisa diakses, menandakan bahwa halaman tersebut terunggah secara tidak sengaja.

Meski situs resmi Samsung menarik kembali halaman tersebut, namun gelombang rumor seputar Galaxy A6 sudah mustahil dibendung. Sebelumnya, Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus mendapat persetujuan semua yang diperlukan dari Federal Communications Commission (FCC) yang mengatur komunikasi radio, televisi, kawat, satelit dan kabel di AS.

Samsung Galaxy A6 Plus juga pernah muncul di situs benchmark Geekbench dengan nomor model SM-A605G. Perangkat mencetak skor 739 poin dalam tes single-core dan 3469 poin dalam tes multi-core. Smartphone ini disebut bakal dimotori chipset Snapdragon 635 bersama dengan Adreno 506 GPU.

Sedangkan Samsung Galaxy A6 yang muncul dengan nomor model SM-A600FN mencetak skor 723 poin di tes single-core dan 3605 poin di tes multi-core. Berbeda dengan seri Plus, Galaxy A6 bakal diotaki chipset Samsung Exynos 7870 dan RAM 3GB.

Sumber berita Gizchina dan gambar header ilustrasi Galaxy A5 2016.