24 October 2016

by Bambang Winarso

Samsung Resmikan Smartphone dengan RAM 6GB Pertamanya, Galaxy C9 Pro

Di samping RAM besar, Samsung Galaxy C9 Pro juga membawa baterai jumbo 4.000mAh

Bukan flagship dan bukan pula smartphone edisi terbatas, tapi Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan bekal yang istimewa. Ia menjadi smartphone pertama Samsung yang membawa RAM sebesar 6GB dan juga baterai dengan kapasitas di atas rata-rata perangkat keluaran Samsung, yakni 4.000mAh.

Diresmikan perdana di Tiongkok, Samsung Galaxy C9 Pro menawarkan rancangan apik yang merupakan perpaduan dari seri Galaxy dan sejumlah perangkat rancangan Huawei serta Oppo. Dibangun dari material metal, ponsel menyuguhkan interface lega dalam penampang layar seluas 6 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixels.

Samsung Galaxy C9 Pro mempunya layar 6 inci dan dibalut metal

Di bagian dalam, perangkat memberikan daya pacu bermodalkan Snapdragon 653 yang terdiri dari kombinasi empat inti ARM Cortex-A72 dan empat inti ARM Cortex-A53. Bagian grafis, seperti di konfigurasi lainnya mengandalkan Adreno 510 GPU.

Soal memori, Samsung Galaxy C9 Pro mempunyai ruang simpan lega seluas 64GB yang jika dirasa masih kurang, masih bisa diperluas dengan tambahan memori eksternal. Kapasitas RAM-nya sendiri seperti yang sudah disinggung di awal tadi, memiliki kapasitas 6GB yang tampaknya jadi daya tarik tersendiri baginya.

Sektor kamera Samsung Galaxy C9 Pro membawa sepasang kamera sama baiknya, 16MP untuk depan dan belakang. Keduanya juga sama-sama dibekali bukaan f/1.9. Untuk mengimbangi kebutuhan layar lebar dan RAM lega, Samsung membenamkan baterai sebesar 4.000mAh agar pengguna tak kebingungan mencari colokan listrik setiap sekian jam sekali.

Fitur unggulan lainnya, antara lain sensor sidik jari di tombol home, speaker stereo, USB tipe C, audio Hi-Fi, Samsung Pay, NFC dan juga dukungan 4G LTE. Dibalut warna Gold and Rose Gold, Galaxy C9 Pro bakal dipasarkan di kisaran $470.

Sumber berita Samsung.