Gadget

Samsung Galaxy Gear Resmi Diperkenalkan

Pada acara yang telah dinantikan, Samsung akhirnya memperkenalkan perangkat jam tangan pintar mereka yang diberi nama Galaxy Gear.

Meski acara Unpacked 2 ini menjadi panggung utama bagi Galaxy Note 3, namun kehadiran Galaxy Gear menjadi pencuri perhatian yang cukup menarik.

Secara mendasar, Galaxy Gear ini merupakan perangkat jam tangan yang bisa terkoneksi dengan ponsel seri Galaxy (saat peluncuran hanya akan bisa terkoneksi dengan Galaxy Note 3 dan Tab 10.1 terbaru).

Untuk spesifikasi, Galaxy Gear ini akan menghadirkan layar 1.63 inci Super AMOLED (320 x 320), prosesor 800 MHz dan berat 73.8g. Baterai yang disesiakan adalah 315mAh dan dilengkapi pula dengan kamera 1.9 megapixel yang menempel di tali jam. Kamera ini mampu merekam video berdurasi 10 detik pada 720p, 640 x640 atau resolusi VGA jika merekam video dengan suara. Memori yang disediakan adalah 4GB dan RAM adalah 512MB.

Dalam rilis resmi, Samsung lebih menekankan pada fitur dan model alih-alih spesifikasi teknis. Perangkat ini juga disorot sebagai ‘teman’ dari smartphone seri Galaxy, dimana pengguna bisa mendapatkan notifikasi dari pesan masuk (misalnya panggilan telepon, teks, dan email).

Galaxy Gear mendukung perintah dengan suara, mic yang tersedia mampu digunakan untuk membuat pesan, memasukan entri baru ke kalender, mengatur alaram atau mengecek cuaca. Jam tangan ini pun bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan perangkat Galaxy, mengatur lagi yang dimainkan di perangkat Galaxy, serta memiliki berbagai aplikasi seperti Pedometer untuk mereka yang ingin berolahraga, serta tentunya aplikasi jam yang tersedia secara preloaded (10 model jam) dan pilihan tambahan di Samsung Apps.

Aplikasi yang tersedia di perangkat ini antara lain Path, Pocket, RunKeeper, Evernote, Line, eBay serta Tripit.

Untuk model sendiri Galaxy Gear akan hadir dalam enam warna antara lain: Jet Black, Mocha Gray, Wild Orange, Oatmeal Beige, Rose Gold, dan Lime Green.

Perangkat jam tangan pintar ini akan dijual dengan harga $299 dan akan tersedia bersamaan dengan Galaxy Note 3 pada tanggal 25 September di 140 negara, sedangkan untuk US dan Jepang akan hadir mulai Oktober.

Pembaca TRL yang penasaran dengan informasi detail dari Samsung Galaxy Gear bisa menuju halaman resmi Samsung berikut ini.

Berikut video hands on yang dikutip dari Engadget.

Sumber: Engadget, TheVerge dan rilis resmi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter