17 February 2015

by Bambang Winarso

Samsung Galaxy J1 Punya Varian 4G dengan Jeroan yang Lebih "Tokcer"

Masih ingat kan dengan Samsung Galaxy J1 yang menyapa konsumen di India beberapa hari yang lalu? Nah, Samsung punya kabar gembira, lagi-lagi untuk konsumen India, bahwa smartphone murah tersebut kini punya kembaran tetapi dengan jeroan yang lebih bertenaga.

Dikutip dari GSMArena, Selasa (17/2/2015) Samsung Galaxy J1 varian terbaru ini masih mempertahankan body dan rupa yang ada di varian pertama.

Hanya saja terdapat beberapa peningkatan khususnya di bagian dalam perangkat. Jika varian terdahulu hanya mengadopsi prosesor dual-core yang dapat berlari pada kecepatan 1.2GHz, serta hanya didukung dengan RAM 512MB. Varian terbaru ini mendapatkan upgrade berupa prosesor quad-core dan RAM 768MB.

Bekal komponen prosesor dan RAM yang lebih tokcer tersebut sengaja dilakukan untuk mengakomodasi adanya peningkatan pada jaringan perangkat yang jika sebelumnya hanya 3G kini sudah menggunakan teknologi 4G LTE.

Info Menarik:Teknologi Internet Baru Berpotensi Sentuh Kecepatan 3Tbps

Sementara komponen-komponen seperti kamera, memori internal, slot microSD, baterai dan fitur-fitur pendukung lainnya benar-benar sama.

Di India Samsung Galaxy J1 4G dijadwalkan rilis pada bulan Maret 2015 dalam tiga balutan warna biru, putih dan hitam dengan banderol INR 9,990 atau setara dengan $160.

Didapuk sebagai perangkat kelas entry-level, Samsung sengaja melepas varian Galaxy J1 dan kembarannya untuk pasar berkembang, India adalah salah satu tujuan yang paling menjanjikan dan memenuhi kriteria tersebut. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Belum ada pertanda kuat akan diluncurkan ke tanah air, namun skenario itu sah-sah saja diharapkan mengingat Indonesia juga merupakan salah satu pasar yang prospeknya tak kalah cerah.

Selain versi Galaxy J1, Samsung juga melepas dua varian Galaxy Grand Prime dan Galaxy Core Prime dengan peningkatan yang sama berupa dukungan 4G LTE.

Sumber GSMArena.