Categories

Gadget

Samsung Galaxy M12 Resmi Dijual di Indonesia, Unggulkan Layar 90 Hz dan Baterai Besar di Harga 2 Jutaan

Ada perbedaan kapasitas baterai antara versi yang dijual di Indonesia dan Vietnam, namun spesifikasi sisanya identik

Glenn Kaonang - 6 May 2021

Samsung punya smartphone baru untuk kelas entry-level dengan harga 2 jutaan rupiah: Galaxy M12. Ponsel ini sebelumnya sudah lebih dulu meluncur di pasar Vietnam pada bulan Februari lalu, dan salah satu daya tarik utamanya adalah baterai jumbo 6.000 mAh yang didukung fast charging 15 W.

Sayang sekali hal itu tidak berlaku di sini. Versi Galaxy M12 yang dijual di Indonesia ternyata 'cuma' mengemas baterai berkapasitas 5.000 mAh, meski untungnya ia masih mendukung fast charging 15 W via sambungan USB-C. Kenapa harus dikurangi kapasitas baterainya? Saya sendiri juga penasaran, namun sayang sekali saya belum mendapat jawaban dari perwakilan Samsung Indonesia soal ini — akan saya update artikelnya apabila sudah ada jawaban.

Rasa penasaran ini sebenarnya tidak akan muncul seandainya spesifikasi Galaxy M12 yang dijual di sini benar-benar berbeda dari versi yang dipasarkan di Vietnam. Namun ternyata spesifikasinya nyaris identik, dengan pengecualian pada kapasitas baterai itu tadi.

Perangkat ditenagai chipset Exynos 850 dengan prosesor octa-core yang diproduksi menggunakan proses pabrikasi 8 nm. Ada dua varian Galaxy M12 yang dijual di Indonesia: satu dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB, satu lagi dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Keduanya sama-sama dilengkapi slot kartu microSD yang mendukung ekspansi hingga 1 TB.

Layar yang digunakan merupakan panel LCD dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi HD+, akan tetapi yang lebih istimewa adalah refresh rate-nya yang sudah 90 Hz, demikian pula touch sampling rate-nya yang sudah setinggi 180 Hz. Untuk membuka kunci layar, pengguna bisa memanfaatkan sensor sidik jari yang tertanam di tombol power.

Di sektor kamera, Samsung Galaxy M12 mengemas empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 megapixel, kamera ultra-wide 5 megapixel, kamera macro 2 megapixel, dan kamera depth 2 megapixel. Menghuni poni berbentuk huruf "V" pada layarnya adalah kamera selfie 8 megapixel.

Secara fisik, perangkat memiliki tebal 9,7 mm dan tebal 214 gram. Pilihan warna yang tersedia ada tiga, yakni hitam, biru muda, dan hijau. Sama seperti kebanyakan perangkat lain di kisaran harga ini, Galaxy M12 juga belum dilengkapi NFC.

Hal lain yang cukup menarik untuk disoroti adalah cara Samsung mempromosikan ponsel ini. Kalau Anda ingat, selama ini Samsung memasarkan seri Galaxy M dengan tagline #SobatAntiLowbat, terutama Galaxy M51 yang besaran baterainya sudah menjurus ke arah power bank (7.000 mAh).

Untuk Galaxy M12, Samsung ganti menggunakan tagline #SobatMegangBanget, dan sepertinya ini merupakan bagian dari strategi Samsung untuk memunculkan kesan bahwa yang menarik dari ponsel ini sebenarnya bukan sekadar baterainya saja, melainkan juga beberapa aspek lainnya, seperti misalnya layar 90 Hz maupun konfigurasi quad camera yang mencakup kamera ultra-wide.

Di Indonesia, Samsung Galaxy M12 saat ini sudah mulai dijual secara resmi, tapi khusus via online saja. Harganya dibanderol Rp1.899.000 untuk varian 3 GB/32 GB, dan Rp2.099.000 untuk varian 4 GB/64 GB. Khusus selama tanggal 5-9 Mei 2021, ada program flash sale dengan potongan harga 100 ribu rupiah untuk masing-masing varian, plus sejumlah bonus lain senilai 300 ribuan rupiah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter