27 April 2017

by Glenn Kaonang

Galaxy Note 7 Refurbished Kabarnya Akan Dipasarkan Mulai Juni Nanti

Sekitar 300.000 unit akan dipasarkan di Korea Selatan, dengan banderol harga $266 lebih murah

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Samsung berniat untuk menjual kembali Note 7 sebagai ponsel rekondisi. Laporan terbaru dari situs berita asal Korea, ET News mengatakan bahwa pemasarannya akan dimulai di Korea Selatan pada akhir bulan Juni nanti.

Galaxy Note 7 R, demikian nama yang kabarnya dipilih oleh Samsung, dimana R adalah singkatan dari “Refurbished” – atau “Reborn” kalau Anda mau istilah yang lebih keren – akan mengusung spesifikasi yang sama persis dengan versi orisinilnya yang menuai kontroversi. Perbedaan satu-satunya adalah baterainya bakal lebih kecil, 3.200 mAh ketimbang 3.500 mAh.

Selisih 300 mAh sejatinya bukanlah masalah besar, apalagi jika perubahan ini diterapkan demi alasan keamanan. Buat apa memaksakan baterai yang sedikit lebih besar kalau resikonya adalah perangkat berpotensi menjadi bom waktu?

Soal ketersediaan, Samsung kabarnya bakal menyiapkan sekitar 300.000 unit Note 7 R, atau kurang lebih 10% dari jumlah unit yang ditarik. Banderol harganya diperkirakan berkisar 700.000 won, atau kurang lebih $620 (Rp 8,25 juta), membuatnya lebih murah sekitar $266 dari saat pertama Note 7 dirilis tahun lalu.

Sejauh ini belum diketahui apakah dari 300.000 unit tersebut nantinya juga akan dibagi ke negara-negara lain, atau Samsung bakal menyediakan stok tambahan untuk dipasarkan di kawasan lain.

Sumber: SamMobile dan The Verge.