Samsung akhirnya resmi mengumumkan Galaxy Note 9, dengan S Pen baru – kini dilengkapi Bluetooth Low-Energy (BLE). Kamera lebih pintar dengan AI, kapasitas baterai 4.000 mAh, memori internal lapang 512GB, dan lainnya. Mari kita bahas lebih banyak.

S Pen Baru

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Bagaimana pun S Pen adalah fitur utama pada seri Galaxy Note – fungsinya terus bertambah dari generasi ke generasi. Di versi terbaru, S Pen untuk Galaxy Note 9 dilengkapi Bluetooth Low-Energy (BLE) dan warna baru – kuning.

S Pen pun menyuguhkan cara baru berinteraksi dengan smartphone, di mana bisa digunakan untuk memotret, menggeser slide saat persentasi, memutar dan menjeda video, dan banyak lagi. Nantinya para developer juga bisa mengintegrasikan kemampuan S Pen ke dalam aplikasi buatannya.

Layar dan Desain

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Samsung Galaxy Note 9 mengusung Infinity Display dengan layar Super AMOLED ukuran 6,4 inci, resolusi 2960×1440 piksel (516ppi). Resolusi default ialah Full HD+, tapi Anda bisa mengatur menjadi Quad HD+ di pengaturan.

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Dari segi desain memang terlihat tidak banyak berubah ya, kecuali peletakan fingerprint sensor yang diturunkan di bawah kamera. Samsung melengkapi Galaxy Note 9 dengan speaker stereo dari AKG dan teknologi audio Dolby Atmos.

Dimensi body-nya adalah 161.9×76.4×8.8mm dengan bobot 201 gram. Untuk S Pen sendiri 5.7×4.35×106.37mm dan berat 3,1 gram. Body dan S Pen telah dilengkapi sertifikasi IP68 untuk tahan air dan debu, serta tersedia dalam pilihan warna midnight black, lavender purple, metallic copper, dan ocean blue.

Dual Camera dan Dual OIS

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Soal fotografi, Galaxy Note 9 dibekali dual camera dengan dual OIS di bagian belakang. Sensor kamera utama beresolusi 12-megapixel dengan lensa wide-angle, aperture F1.5/F2.4, AF, dan OIS.

Kamera kedua juga 12-megapixel dengan lensa telephoto, aperture F2.4, AF, dan OIS. Kombinasi keduanya menyuguhkan fitur zoom optik 2x, dan digital zoom hingga 10x.

Sedangkan, kamera depannya berukuran 8-megapixel, dengan aperture F1.7 dan AF. Samsung juga telah membenamkan fitur-fitur baru, seperti scene optimizer untuk mengidentifikasi elemen foto, seperti scene dan subjek, kemudian secara otomatis mengklarifikasi dalam 20 kategori dan mengoptimalkan hasilnya.

Ada juga flaw detection: Kadang kalau mengambil foto sekali belum tentu bagus, dengan fitur ini pengguna akan mendapatkan notifikasi bila ada sesuatu yang salah sehingga bisa mengambil foto lain tanpa kehilangan momen.

SoC dan Sistem Pendingin Water Carbon

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Seperti biasa, Samsung menggunakan dapur pacu berbeda yakni Exynos 9810 Octa atau Snapdragon 845 untuk daerah-daerah tertentu. Exynos 9810 Octa memiliki CPU octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G72 MP18. Sedangkan, Snapdragon 845 memiliki CPU octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver) dan GPU Adreno 630.

Pengguna Galaxy Note 9 tak perlu pusing menghapus konten yang tertimbun di smartphone. Samsung menyediakan memori internal dengan ukuran yang sangat lapang yakni 128GB dengan RAM 6GB (LPDDR4) atau 512GB dengan RAM 8GB (LPDDR4). Bila masih kurang, slot microSD disediakan – Anda bisa menambah ruang simpan hingga 1TB.

Fortnite Android Tiba untuk Galaxy Note 9

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Rumor yang beredar belakangan ini ternyata benar, Samsung bekerja sama dengan Epic Games untuk membawa Fortnite ke Android. Untuk sementara ini eksklusif untuk Galaxy Note 9, detail pastinya nanti akan saya update.

Untuk bermain game dengan nyaman, Samsung melengkapi Galaxy Note 9 dengan sistem pendingin water carbon dan juga AI untuk menghadirkan performa yang powerful tapi stabil.

Kapasitas baterai yang ditanamkan juga lebih besar, yakni 4.000 mAh – seri Galaxy Note 8 hanya 3.300 mAh dan dilengkapi dengan fast wireless charging. Dengan kapasitas baterai itu, Samsung mengklaim Galaxy Note 9 akan mampu digunakan sepanjang hari dari pagi hingga malam.

Samsung Dex

Galaxy Note 9 menjalankan Android 8.1 Oreo dan juga menawarkan pengalaman seperti PC dengan fitur Samsung Dex. Bagian menariknya, ukuran adapter HDMI yang baru kecil sehingga mudah dibawa.

Colok saja ke monitor, maka Galaxy Note 9 akan menjadi CPU-nya. Seketika Anda bisa melakukan presentasi, meng-edit foto, dan aktivitas lainnya di smartphone secara bersamaan. S Pen juga bisa dijadikan sebagai trackpad, membuat multitasking lebih mudah dan lebih produktif.

Fitur Lainnya

samsung-galaxy-note-9-resmi-diumumkan
Foto: YouTube Samsung

Kemampuan asisten digital Bixby juga turut ditingkatkan, lebih pintar dan lebih personal. Mampu mengingat dan mengenal penggunanya, serta terintegrasi dengan Google Maps.

Samsung Galaxy Note 9 akan tersedia mulai tanggal 24 Agustus 2018 di pasar tertentu. Untuk harga, tunggu saja ya update-nya, Samsung Galaxy Note 9 juga akan diluncurkan di Indonesia pada hari ini – 10 Agustus.

Sumber: News.samsung.com

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.