Categories

Gadget

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G: Makin Spesial Berkat Dukungan S Pen

Opsional tapi istimewa untuk melengkapi penggunaan smartphone masa kini

Glenn Kaonang - 21 January 2021

Berbeda dari seri Samsung Galaxy Note yang selalu mengedepankan aspek produktivitas, seri Samsung Galaxy S lebih memprioritaskan inovasi di sektor kamera. Hal ini bisa kita lihat pada Galaxy S21 Ultra 5G, yang mengunggulkan kamera utama 108 megapixel dengan sensor generasi baru yang menjanjikan dynamic range tiga kali lebih luas dari sebelumnya, belum lagi kemampuan merekam video 4K 60 fps menggunakan semua kameranya, termasuk kamera depan.

Namun Samsung rupanya ingin melakukan sesuatu yang agak berbeda tahun ini. Galaxy S21 Ultra 5G tidak cuma mengusung layar yang paling superior – Dynamic AMOLED 2X 6,8 inci dengan resolusi 1440p, dynamic refresh rate 10 Hz – 120 Hz, dan tingkat kecerahan maksimum 1.500 nit – tetapi juga dukungan terhadap stylus S Pen, pertama kalinya dalam sejarah seri Samsung Galaxy S.

S Pen di Galaxy S21 Ultra 5G bersifat opsional, tidak seperti di seri Galaxy Note di mana S Pen selalu menjadi bagian yang integral. Berhubung opsional, konsumen berarti harus membelinya secara terpisah. Alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan S Pen dari Galaxy Note lawas yang masih Anda simpan maupun sejumlah stylus lain yang juga memanfaatkan teknologi besutan Wacom.

Bagi yang memutuskan untuk membeli S Pen baru, Anda akan melihat bahwa dimensinya sedikit lebih besar dibanding S Pen milik Galaxy Note20 Series. Tujuannya tentu supaya stylus jadi lebih nyaman digunakan, dan ini sama sekali bukan masalah karena stylus-nya tidak perlu diselipkan ke dalam kompartemen khusus di bodi ponsel.

Namun supaya tetap praktis, aksesori ini akan dibundel bersama casing khusus yang sisi kirinya memiliki tempat untuk menampung S Pen. Casing-nya sendiri ada dua macam, yakni yang berbentuk flip cover seharga Rp1.199.000, dan yang berwujud standar seharga Rp899.000 – semuanya sudah termasuk harga S Pen.

Pengalaman menggunakan S Pen di Galaxy S21 Ultra 5G hadir sangat baik berkat ujung yang tipis dan pressure sensitivity hingga 4.096 tingkatan, dan pengguna juga masih bisa menekan tombol di S Pen untuk mengaktifkan sejumlah fungsi. Yang membedakan dengan seri Note adalah, S Pen di sini bersifat pasif dan tidak dilengkapi Bluetooth.

Itu artinya pengguna tidak dapat memakainya sebagai remote control kamera maupun untuk mengontrol playback musik. Selebihnya, S Pen di Galaxy S21 Ultra 5G masih sangat nyaman dipakai untuk menulis, menggambar, maupun melangsungkan aktivitas yang membutuhkan tingkat presisi cukup tinggi, seperti misalnya untuk meng-edit foto atau video.

S Pen dan S Pen Pro

Untuk Anda yang merasa fungsi jarak jauh tadi esensial, Anda bisa menunggu sampai Samsung menjual stylus lain yang dinamai S Pen Pro. Dibandingkan S Pen standar, S Pen Pro punya ukuran yang lebih besar lagi, dan ia juga sudah dilengkapi Bluetooth serta dukungan penuh terhadap fitur Air Gesture. 

Kelengkapan tambahan untuk Galaxy S21 Ultra ini menegaskan segmentasi untuk pengguna perangkat ini yaitu sophisticated dan timeless. Kesan ikonik juga dibawa karena dari Galaxy S21 Series 5G, versi hanya versi ultra yang bisa kompatibel dengan stylus. Pilihan yang tepat bagi mereka yang suka dengan hiburan dan fotografi tetapi masih ingin mendapatkan fasilitas produktivitas dengan S Pen.

Sekali lagi, S Pen di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G merupakan aksesori yang sifatnya opsional. Anda dapat menikmati fitur-fitur unggulan ponsel tersebut tanpa harus membeli S Pen, tapi di saat yang sama Anda juga bisa semakin memaksimalkan layar besarnya dengan bantuan S Pen. Bagi penggemar setia seri Samsung Galaxy S yang sering iri melihat pengguna seri Galaxy Note, Anda sekarang bisa membuang rasa iri tersebut jauh-jauh.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter