9 October 2013

by Bambang Winarso

Samsung Galaxy S4 Mini dan Galaxy Mega Segera Dapatkan Update Android 4.4 KitKat?

Android KitKat resmi diperkenalkan oleh Google bulan lalu, generasi terbaru Android penerus Jelly Bean ini langsung mendapatkan perhatian dari pengguna perangkat Android. Apa saja fitur baru yang diusung generasi terbaru Android ini, bisa Anda ketahui di berita TRL sebelumnya di sini.

Fitur baru Android KitKat tersebut baru bisa Anda rasakan di perangkat Google Nexus 5 yang dikabarkan baru rilis akhir Oktober nanti, tapi bagi Anda pengguna perangkat Samsung Galaxy S4 Mini dan Galaxy Mega bisa berbesar hati sebab beredar sebuah bocoran berupa dokumen yang berisi daftar perangkat-perangkat Samsung yang mendapatkan update Android 4.4 KitKat, kedua perangkat tersebut adalah dua di antaranya.

Dalam dokumen tersebut terlihat bahwa OEM asal Korea ini berencana untuk menambahkan Samsung KNOX untuk perangkat Samsung Galaxy Mega tipe 5.8 dan 6.3 serta Samsung Galaxy S4 Mini, artinya ketiga smartphone tersebut segera mendapatkan update sistem operasi Android 4.4 KitKat yang sayang kapan waktunya tidak disebutkan di dalam dokumen.

Barangkali perlu disinggung sedikit perihal apa itu Samsung KNOX, jadi, Samsung KNOX adalah semacam kode yang bekerja dengan cara mencegah bagian dalam aplikasi dari serangan malware dan virus yang bersiko membahayakan smartphone. Di dalamnya terdapat beberapa kumpulan aplikasi seperti peramban, kalender, email dan juga kontak.

Sementara untuk pengguna Samsung Galaxy S3 Mini harus berkecil hati sebab perangkat ini sepertinya tidak akan pernah mendapatkan update Android 4.4, jika kita menilik kembali bocoran dokumen di atas. Sebab, biasanya jika perangkat sudah mendapatkan Samsung KNOX, dapat dipastikan perangkat tersebut segera mendapatkan update versi yang lebih baru, Samsung Galaxy S3 Mini sayangnya satu-satunya smartphone yang tidak mendapatkan jatah Samsung KNOX.

Untuk tipe Samsung Galaxy s3 dan Galaxy S4 kemungkinan masih mendapatkan update Android KitKat, setelah terlebih dahulu menginstal update Android 4.3.

Sumber berita Phonearena