18 February 2014

by Bambang Winarso

Samsung Galaxy S5 Akan Dibekali Fitur Pemindai Sidik Jari di Tombol Home

Sebelumnya Koreaherald yang menulis bahwa Samsung Galaxy S5 nantinya memiliki fitur pemindai sidik jari yang diposisikan pada sisi kanan dan kiri bawah layar smartphone. Rumor tersebut tak seutuhnya salah, karena Samsung mengkonfirmasi kepastian dibenamkannya fitur pemindai sidik jari, namun bukan di permukaan layar melainkan di tombol home.

Kepastian ini pertama kali dilansir oleh Sammobile melalui sebuah tulisan yang tidak hanya memuat konfirmasi Samsung tetapi juga bagaimana implementasi fitur tersebut ke dalam perangkat Galaxy S5.

 

Info Menarik: Nokia X (Normandy) ‘Sudah Hadir’ di India?

 

Menurut Sammobile, Samsung Galaxy S5 dipastikan mendapatkan amunisi baru berupa pemindai sidik jari yang dibenamkan di tombol home, bukan di permukaan layar seperti yang dirumorkan selama ini.

Penggunaan tombol fisik untuk fitur baru ini memiliki  cara kerjanya mungkin tak berbeda jauh dengan fitur serupa yang pernah ada, namun disebutkan bahwa pemanfaatannya akan lebih maksimal. Sensor Galaxy S5 mengharuskan pengguna untuk swipe semua bagian permukaan jari Anda yang menampilkan sidik jari dari dasar hingga ke ujung, bersilangan dengan tombol home.

Sensor disebutkan memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap kelembapan sehingga tidak akan bekerja dengan baik jika tangan pengguna dalam kondisi basah.

Masih menurut Sammobile, pengguna diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran 8 sidik jari di mana setiap sidik jari dapat diatur untuk pengoperasian perangkat atau aplikasi tertentu. Namun untuk mengunci perangkat tetap hanya diperbolehkan satu sidik jari.

Guna memudahkan pengguna mengatur rekam data yang bersifat rahasia, Samsung telah membenamkan dua tool Personal Folder dan Private Mode. Pengguna dapat menerapkan prosedur keamanan yang berbeda untuk melindungi kedua fitur tersebut.

 

Info Menarik: Harga Perangkat Android Semakin Murah?

 

Fitur sidik jari di Samsung Galaxy S5 tidak hanya berfungsi sebagai kunci akses perangkat, tetapi dapat juga digunakan untuk masuk ke dalam akun situs atau sebagai alat verifikasi akun Samsung.

Sejauh ini jika dilihat dari apa yang dijabarkan di atas, Samsung boleh dikatakan selangkah lebih maju ketimbang Apple atau HTC yang notabene lebih dahulu menggunakan fitur pemindai sidik jari. Bahkan Samsung dengan cerdas menambahkan preview tampilan sidik jari di layar perangkat saat pengguna menggeser (swipe) jari di atas sensor.

Saya rasa masih ada kejutan lain yang akan Samsung pamerkan di acara Unpacked 5 yang dijadwalkan pada 24 Februari mendatang saat pagelaran MWC Barcelona. Kita tunggu saja penjabaran Samsung, karena hingga kini tak ada yang tahu pasti apakah Samsung Galaxy S5 akan benar-benar muncul di event tersebut.

Sumber berita Sammobile. Ilustrasi gambar header: Samsung via Shutterstock.