Categories

Mobile

Layar Melengkung Samsung Galaxy S6 Edge Akan Kian Berguna Setelah Update Android Marshmallow

Fitur Edge Panel semakin lengkap dan makin mudah dikustomisasi

Glenn Kaonang - 29 December 2015

Dimulai oleh Galaxy Note Edge dan dilanjutkan Galaxy S6 Edge, sisi layar yang melengkung sudah menjadi atribut desain yang khas dari Samsung. Baik para konsumen maupun reviewer banyak yang melihatnya sebagai nilai plus dari segi estetika, tapi tidak jarang juga yang melihat potensi dari sisi fungsionalitasnya.

Sayang awalnya software milik kedua perangkat tersebut kurang bisa memaksimalkan potensi fungsional dari layar melengkung yang dimilikinya. Namun lewat update Android Marshmallow nanti, semuanya bakal berubah drastis.

Dalam sebuah video demonstrasi di bawah, tampak OS Android 6.0.1 Marshmallow versi beta yang tengah berjalan di Samsung Galaxy S6 Edge. Dalam versi ini, pengguna akan mendapat opsi kustomisasi yang cukup lengkap terkait panel yang muncul saat sisi layarnya diusap.

Sebelum ini, cuma ada dua panel yaitu People dan Apps yang bisa diakses, tapi sekarang menu aplikasi tersebut sudah dikembangkan menjadi lebih luas lagi.

Panel-panel baru yang ditawarkan di antaranya adalah “My Places” yang berisikan aplikasi yang paling sering digunakan, lalu ada “Task Edge” yang memberikan akses cepat menuju aplikasi yang relevan. Terakhir ada panel “Quick Tools” yang menampilkan lokasi dan kompas, serta panel terpisah untuk S Planner, Weather, Twitter Trends, Yahoo Finance dan Sports.

Untuk mengakses semua itu, pengguna hanya perlu menerapkan gestureswipe dari sisi luar ke dalam layar, dan bentuk yang melengkung tentu saja akan membuat feel-nya terasa amat mantap.

Pembaruan fitur Edge Panel yang dibawa ini tentunya akan semakin membuktikan bahwa inovasi desain fisik juga bisa membawa pengaruh besar terhadap pengalaman menggunakan secara menyeluruh. Pengguna sekarang hanya perlu bersabar menunggu kehadiran update Android Marshmallow yang dirumorkan bakal meluncur mulai kuartal pertama tahun 2016.

Sumber: SamMobile. Gambar header: Samsung Mobile Press.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id