4 January 2016

by Bambang Winarso

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge Plus Mulai Tercium

Mengemas layar yang sama namun dengan suntikan fitur berupa teknologi yang sensitif terhadap tekanan

Kepastian terkait generasi terbaru keluarga Samsung Galaxy hingga kini masih simpang siur. Sejumlah pihak percaya Samsung akan menyunat beberapa varian yang berlayar kecil hingga hanya tersisa tiga varian, sementara sumber lainnya justru menyebut tak kurang dari lima varian. Berapapun jumlah varian yang nantinya dilepas oleh Samsung, salah satunya sangat mungkin adalah varian Galaxy S7 Edge Plus, varian tertinggi yang memiliki spesifikasi serba “plus” baik dari ukuran maupun fitur.

Berdasarkan lansiran TechGrapple yang mendapat screenshot dari Weibo terungkap bahwa smartphone menggunakan nomor model Samsung SM-G930. Selanjutnya dikatakan, smartphone mengemas layar 5,7 inci dengan resolusi QHD 2560 x 1440 piksel yang sama persis dengan apa yang dibawa oleh varian Galaxy S6 Edge Plus. Namun ada yang berbeda di sana, di mana Samsung diyakini membenamkan teknologi layar yang sensitif terhadap tekanan.

Lalu terkait jeroan, meskipun bocoran screenshot tersebut tidak menyebutkan nama chipset yang akan dibawa, namun sangat mungkin Samsung membenamkan prosesor berkomputasi 64-bit Snapdragon 820 di purna rupa ini mengingat terpampangnya grafis Adreno 530 di sana. Namun, kemungkinan besar Samsung juga akan melepas varian dengan chipset Exynos 8890 seperti yang dipercaya digunakan oleh Samsung Galaxy S7.

Perpaduan berikutnya berupa RAM 4GB yang terjawab oleh screenshot, serta fitur fotografi berkelas dari sensor 12,2MP di bagian belakang dan 5MP di depan. Perlu dicatat bahwa kamera belakang ini lebih rendah ketimbang Galaxy S6 yang membawa kamera utama beresolusi 16MP. Tambahan lainnya berupa sensor sidik jari yang seperti sebelumnya terletak di bawah tombol Home. Sementara terkait kemunculan resminya diperkirakan di bulan Januari atau Februari di ajang MWC 2016.