18 March 2015

by Bambang Winarso

Samsung Galaxy Tab A Resmi Memperkenalkan Diri, Siap Jegal Dominasi iPad

Setelah melepas Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge pada awal Maret lalu, Samsung kembali melahirkan perangkat baru kali ini di segmen tablet melalui varian baru bernama Galaxy Tab A, yang disebut-sebut sebagai penerus kiprah Galaxy Tab 4.

Mengambil tempat di Rusia – mungkin hanya akan rilis di sana – Samsung memamerkan jagoan barunya yang menjanjikan spesifikasi kelas menengah namun dengan harga yang kompetitif. Tak sekedar menunjukkan kelasnya, Samsung juga menonjolkan keunggulan perangkat yang terletak pada aspek rasio 4:3, sehingga mengakomodasi aktivitas menjelajah internet dan membaca buku digital sebaik dan senyaman iPad.

Tablet yang dibungkus dalam ukuran 8 inci dan 9,7 inci ini juga menawarkan body ramping, yakni hanya 7,5mm. Secara otomatis perangkat juga memiliki bobot yang lebih ringan, masing 320 gram dan 457 gram.

Info Menarik:Sepeda Bernama Yerka Ini Diklaim Tak Bisa Dicuri

Berbicara soal performa, Samsung tanpa banyak bicara dan langsung memberikan bukti berupa komponen prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz. Komponen ini ditopang oleh RAM 2GB dan memori 16GB dengan tambahan slot microSD hingga 128GB.

Sejumlah fitur penting tak dilupakan oleh Samsung, seperti GPS, Bluetooth 4.0, USB 2.0, WiFi Direct, WiFi standar dan slot kartu SIM sehingga perangkat dipastikan mendukung jaringan 2G, 3G dan juga terdapat varian 4G LTE guna akses data lebih cepat.

Selain bekal sistem operasi Android 5.0 Lollipop, Samsung Galaxy Tab A juga memperoleh dua kamera untuk keperluan fotografi. Di bagian depan ada kamera 2MP dan di bagian belakang ada sensor 5MP plus fitur autofocus.

Sementara itu perihal harga, Galaxy Tab A model 8 inci non-LTE dilepas mulai $276. Sementara model 9,7 inci non-LTE dibanderol seharga $341. Jika ingin memperoleh varian LTE, konsumen diharuskan merogoh kocek tambahan sebesar $65 untuk masing-masing varian.

Sumber berita Ubergizmo dan SamMobile.