13 April 2016

by Bambang Winarso

Samsung Rilis Varian Baru Galaxy Tab S2 8,0 dan 9,7 Inci

Keduanya memperoleh jeroan dan sistem operasi yang lebih segar

Samsung diberitakan secara diam-diam telah meluncurkan varian baru tablet Galaxy Tab S2 8.0 inci dan 9,7 inci. Berhubung diplot sebagai varian baru, maka wajar bila Samsung membekali keduanya dengan spesifikasi yang sedikit berbeda, lebih menggigit.

Samsung Galaxy Tab S2 8.0 dan 9.7 inci ini dikabarkan membawa chipset Snapdragon 652 yang mempunyai delapan inti prosesor. Chipset ini diklaim memiliki kinerja prosesor yang lebih baik ketimbang varian pertamanya yang mengusung Exynos 543. Namun, menurun di sektor grafis.

Selain komponen chipset, Samsung juga melakukan penyegaran di bagian interface dengan menanamkan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Menyajikan tampilan yang lebih segar, rapi dan bersih serta sederet fitur unggulannya.

Selebihnya, kedua tablet masih mempertahan komponen yang sama dengan generasi pertama. Di antaranya layar Super AMOLED dengan resolusi 2048 x 1536 piksel, kemudian kamera 8MP dengan kemampuan merekam video QHD, lalu kamera depan 2.1MP untuk keperluan selfie atau panggilan video.

Selanjutnya, tablet menawarkan kapasitas RAM seluas 3GB dan memori internal 32GB yang masih dapat diperluas dengan tambahan memori eksternal lewat slot microSD. Seterusnya ada fitur WiFi, Bluetooth 4.1, dan sensor sidik jari.

Varian baru ini dikeluarkan kurang lebih setahun sejak generasi pertama lahir. Versi pertamanya diluncurkan pada bulan Juli tahun lalu. Dan Samsung diperkirakan bakal meluncurkan perangkat yang lebih segar pada bulan yang sama tahun ini.

Dari sumber yang sama dikatakan bahwa dua tablet baru Samsung Galaxy Tab S2 8.0 dan 9,7 inci sudah dijual di Jerman dengan banderol masing-masing €479 dan €449 untuk varian 9,7 inci WiFi dan untuk varian LTE.

Sumber berita SamMobile dan gambar header WinFuture.