Categories

Gadget

Samsung Rilis Galaxy Tab S2, Diklaim Tertipis Sejagat

Glenn Kaonang - 22 July 2015

Bulan Mei kemarin, beredar rumor bahwa Samsung tengah bersiap memperkenalkan suksesor tablet andalannya, Galaxy Tab S. Tepat tanggal 20 Juli kemarin, Samsung rupanya meresmikan kehadiran Galaxy Tab S2.

Generasi kedua tablet andalan Samsung ini benar-benar berbeda dari pendahulunya. Ia tetap hadir dalam dua ukuran (8 dan 9,7 inci), namun resolusi layarnya kini tidak lagi Quad HD, melainkan 2048 x 1536 pixel. Apakah angka ini terdengar tidak asing? Well, angka tersebut adalah resolusi layar Apple iPad maupun iPad Mini generasi terbaru.

Terlepas dari kemiripannya dengan iPad, Samsung Galaxy Tab S2 masih berhasil menetapkan rekor baru di ranah tablet. Ia diklaim sebagai tablet paling tipis dan ringan sejagat; hanya 5,6 mm, dengan bobot 265 gram untuk varian 8 inci dan 389 gram untuk varian 9,7 inci. Apakah bobot ringan ini semata karena penggunaan material plastik yang dominan? Tidak, karena rangkanya juga terbuat dari logam dan tampak premium, seperti Galaxy S6.

Di sisi lain, panel layar Super AMOLED yang dikemas Galaxy Tab S2 diklaim sanggup mereproduksi warna yang amat akurat, sekitar 94 persen dari spektrum warna standar Adobe RGB. Fitur Adaptive Display kembali hadir, dimana layar akan menyesuaikan tingkat kecerahan, saturasi, kontras dan ketajaman berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar pengguna.

Info menarik: Smartphone Tertipis Samsung, Galaxy A8 Akhirnya Resmi Dirilis

Soal jeroan, Samsung Galaxy Tab S2 telah dibekali dengan komponen-komponen kelas atas. Sebut saja prosesor octa-core (quad-core 1,9 GHz + quad-core 1,3 GHz), RAM 3 GB, storage internal 32 atau 64 GB, plus slot microSD hingga 128 GB. Sebagai pelengkap, kamera 8 megapixel ditanamkan di belakang, dan 2,1 megapixel di depan untuk keperluan video call.

Baterai yang tersimpan di bodi Tab S2 mempunyai daya yang terbilang cukup; 5.870 mAh untuk varian 9,7 inci dan 4.000 mAh untuk varian 8 inci. Soal sistem operasi, Tab S2 sudah menjalankan OS Android Lollipop secara default, tentu saja dengan balutan UI TouchWiz.

Galaxy Tab S2 turut meminjam fitur andalan lain yang diusung Galaxy S6: fingerprint reader. Sensor pemindai sidik jari telah disematkan ke tombol Home milik Tab S2, sehingga pengguna bisa memanfaatkan pengamanan berbasis biometrik ini dengan lebih mudah dan efektif.

Samsung Galaxy Tab S2 rencananya akan mulai dipasarkan secara global pada bulan Agustus 2015 mendatang. Sayangnya, hingga kini Samsung masih belum menyediakan informasi harganya.

Sumber: Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter