Categories

Gadget

Samsung Gear VR Baru Lebih Ringan dan Lebih Murah

Yoga Wisesa - 25 September 2015

Samsung Gear VR ialah perangkat virtual reality berkonsep mobile hasil kolaborasi sang raksasa asal Korea Selatan itu dengan perusahaan spesialis VR yang dirintis oleh Palmer Luckey dan Brendan Iribe. Headset tersebut telah melewati dua kali periode perilisan, pertama di Desember 2014, lalu pada Maret 2015. Dan kini generasi ketiga rencananya siap meluncur.

Melalui kerjasama dengan Oculus VR, langkah Samsung memasuki ranah VR mungkin bukanlah upaya mereka menciptakan terobosan, namun sebagai pernyataan bahwa virtual reality sudah siap menjadi konsumsi khalayak umum. Dalam ajang Oculus Connect kedua pada tanggal 23 sampai 25 September 2015, Samsung mengumumkan Gear VR versi terbaru. Di sana mereka membubuhkan sejumlah update, terutama pada desain dan penyajian harga.

Seperti kedua model 'Innovator Edition' sebelumnya, Gear VR memanfaatkan handset untuk memproses konten virtual reality. Awalnya headset hanya mendukung tipe Galaxy Note 4, namun Samsung telah memperluas kompatibilitasnya ke Galaxy S6 Edge+, S6 Edge, S6 dan Note 5. Mereka juga berusaha menyingkirkan kendala umum yang hadir pada head-mounted display, memangkas ukurannya sehingga lebih ringan 22 persen dibanding versi terdahulu.

Selain itu, Samsung memang belum mengungkap informasi lebih spesifik soal upgrade apa yang mereka bubuhkan di varian baru tersebut. Selain bobot, produsen memperbaiki touchpad samping serta mencoba meningkatkan faktor kenyamanan. Lewat beberapa foto, Gear VR generasi ketiga tidak memiliki strap vertikal, hanya sebuah strap horisontal saja. Artinya Samsung yakin dengan aspek berat serta rancangan.

Info menarik: Mirip Samsung Gear VR, SVR Glass Kompatibel dengan Berbagai Smartphone

Di atas panggung konferensi developer tahunan itu, Peter Koo selaku Senior Vice President menerangkan bagaimana model teranyar Gear VR akan membuat virtual reality jadi kian merakyat, dan dapat dinikmati semua orang. Tapi terlepas dari premis ini, Samsung mengaku bahwa VR masih berada di umur yang sangat muda. Untuk memperluas ekosistemnya, konten harus memadai, baik dalam bentuk video ataupun game.

Demi menuju ke arah itu, sejumlah strategi sudah Samsung siapkan. Dengan membeli tipe Gear VR terkini, konsumen berhak mendapatkan akses ke Oculus Arcade, yaitu koleksi permainan-permainan klasik dari Bandai Namco serta Sega. Kemudian tersedia pula 100 film dari Fox, terhidang lewat aplikasi Oculus Cinema serta Netflix. Dan kabarnya, Twitch dan Hulu siap berpartisipasi.

Samsung Gear VR anyar dijadwalkan buat meluncur di bulan November 2015, tepatnya pada momen Black Friday, dibanderol cuma seharga US$ 100.

Via Ars Technica & Edgadget. Gambar: Twitter Gear VR.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter